HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PROMOSI JABATAN DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI

RINALDI , ARDHIMAZ (2010) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PROMOSI JABATAN DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100030084.pdf

Download (73kB)
[img] PDF
F100030084.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)

Abstract

Motivasi berprestasi merupakan salah faktor yang sangat penting. Tidak mungkin suatu organisasi dapat terbentuk tanpa ada motivasi dari manusia, baik sebagai anggota maupun pengurusnya. Bahkan suatu organisasi ini akan mengalami kemajuan atau pun kemunduran sangat ditentukan dari motivasi berprestasi sumber daya manusia yang terlibat didalamnya, yang mestinya sebagai pengelola dari organisasi tersebut. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi berprestasi karyawan yaitu dengan promosi jabatan. Promosi jabatan sering dipersepsikan berbeda antara karyawan satu dengan karyawan yang lain, promosi jabatan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan dapat menyebabkan ketidak puasan karyawan yang berakibat pada timbulnya tindakan-tindakan yang merugikan perusahaan, seperti produktivitas menurun, pemogokan kerja, dan tuntutan dimana-mana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap promosi jabatan dengan motivasi berprestasi. Hipotesis yang diajukan ada hubungan positif antara persepsi terhadap promosi jabatan dengan motivasi berprestasi . Subjek penelitian adalah karyawan Bank Jateng Cabang Karanganyar yang mempunyai ciri-ciri: a) Karyawan & karyawati; b) Berusia antara 18-40 tahun ; c) pendidikan minimal SMA; d) bekerja minimal 3tahun. Jumlah sampel penelitian sebanyak 42 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive non random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala persepsi terhadap promosi jabatan dan skala motivasi berprestasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan teknik analisis product moment Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,486; p = 0,000 (p < 0,01) artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap promosi jabatan dengan motivasi berprestasi. Semakin tinggi (positif) persepsi terhadap promosi jabatan maka semakin tinggi pula motivasi berprestasi, begitu pula sebaliknya. Semakin rendah (negatif) persepsi terhadap promosi jabatan maka semakin rendah pula motivasi berprestasi. Sumbangan efektif persepsi terhadap promosi jabatan terhadap motivasi berprestasi sebesar 23,7%. Berdasarkan hasil analisis diketahui rerata empirik persepsi terhadap promosi jabatan= 75,500; rerata hipotetik = 70, hasil ini menunjukkan persepsi terhadap promosi jabatan pada subjek penelitian tergolong sedang. Rerata empirik motivasi berprestasi =98,595 dan rerata hipotetik = 102,5, hasil ini menunjukkan motivasi berprestasi pada subjek penelitian tergolong sedang. Adapun kesimpulan penelitian ini menyatakan ada hubungan positif antara persepsi terhadap promosi jabatan dengan motivasi berprestasi. Generalisasi hasil-hasil penelitian terbatas pada lokasi penelitian dilakukan yaitu karyawan Bank Jateng Cabang Karanganyar, sehingga tidak dapat digeneralisir pada karyawan dari perusahaan lain dengan karakteristik karyawan yang berbeda

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi berprestasi, promosi jabatan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 25 Jun 2010 08:01
Last Modified: 15 Nov 2010 00:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7760

Actions (login required)

View Item View Item