HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP CITRA RAGA DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK KOSMETIKA PADA WANITA KARIR

Puspitasari , Febrina (2010) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP CITRA RAGA DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK KOSMETIKA PADA WANITA KARIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100030028.pdf

Download (68kB)
[img] PDF
F100030028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)

Abstract

Manakala perempuan melakukan pembelian kosmetika semata-mata untuk mengurangi ketegangan terhadap penampilan yang kurang memuaskan, pada akhirnya tidak memperhatikan produk atau jasa yang dikonsumsi dan menjadi gaya hidup yang konsumtif.. Perempuan berusaha tampil baik di hadapan orang lain, membeli berbagai macam kosmetik, alat rias, memperlihatkan dirinya mampu membeli mobil, rumah yang mewah, makan di tempat yang eksklusif. Akibat yang ditimbulkan dari keputusan membeli kosmetik secara berlebihan antara lain addictive consumption, yaitu mengkonsumsi barang atau jasa karena ketagihan. Salah Satu variabel yang diasumikan berperan terhadap keputusan membeli produk kosmetika pada wanita karir yaitu persepsi terhadap citra raga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap citra raga dengan keputusan membeli produk kosmetika pada wanita karir. Hipotesis yang diajukan ada hubungan negatif antara persepsi terhadap citra raga dengan keputusan membeli produk kosmetika. Subjek penelitian karyawan Bank Nasional Indonesia (BNI) Surabaya dengan ciri-ciri karyawan bagian front office, wanita usia maksimal 35 tahun dan memiliki tingkat Pendidikan Minimal D3, masa kerja minimal 2 tahun. Jumlah sampel penelitian 45 orang. Alat pengumpulan data menggunakan skala persepsi terhadap citra raga dengan keputusan membeli produk kosmetika. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai r sebesar -0,554; p=0,000 (p < 0,01) berarti ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap citra raga dengan keputusan membeli produk kosmetika. Semakin tinggi (positif) persepsi terhadap citra raga maka akan semakin rendah keputusan membeli produk kosmetika. Sumbangan efektif persepsi terhadap citra raga sebesar 30,6% dan masih terdapat 69,4% faktor-faktor lain yang mempengaruhi keputusan membeli produk kosmetika di luar variabel persepsi terhadap citra raga. Diketahui pula persepsi terhadap citra raga pada subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik sebesar 62,356 dan rerata hipotetik sebesar 65. Keputusan membeli produk kosmetika pada subjek penelitian tergolong sedang, ditunjukkan oleh rerata empirik sebesar 92,733 dan rerata hipotetik sebesar 95. Adapun kesimpulan hasil penelitian adalah hubungan negatif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap citra raga dengan keputusan membeli produk kosmetika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepuitusan membeli produk, kosmetik,wanita karier
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 25 Jun 2010 07:52
Last Modified: 15 Nov 2010 00:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7756

Actions (login required)

View Item View Item