Optimalisasi Sudut Baca Sekolah Sebagai Gerakan Literasi Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas I Sd Negeri 01 Jantiharjo

-, Listyowati and -, Nur Amalia, S.S., M.Teach. (2019) Optimalisasi Sudut Baca Sekolah Sebagai Gerakan Literasi Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas I Sd Negeri 01 Jantiharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN r.pdf

Download (679kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1)Mendeskripsikan Tujuan dan proses sosialisasi implementasi sudut baca sebagai GLS dalam menumbuhkan minat baca siswa. 2)Mengindentifikasi faktor pendukung dan penghambat dari implementasi sudut baca dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas 1. 3) Menganalisis pengelolaan sudut baca agar memiliki fungsi yang optimal sebagai GLS dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitaitf. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 1, serta peserta didik kelas 1 SD N 01 Jantiharjo. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sudut baca bertujuan untuk mempermudah peserta didik memperoleh informasi yang diawali sosialisasi oleh guru dan kepala sekolah, 2) Faktor pendukung implementasi sudut baca antara lain: motivasi guru dan kelengkapan koleksi buku bacaan, sedangkan faktor pegghambatnya yaitu: peran orang tua yang kurang memberikan pembiasaan membaca, peserta didik belum lancar membaca, buku yang rusak. 3)Pengelolaan sudut baca agar memiliki fungsi yang optimal yaitu: pemanfaatan sudut baca untuk kegiatan literasi di awal pembelajaran, mempercantik sudut baca, peraturan mengenai cara merawat buku yang baik dan penambahan buku sesuai dengan minat baca peserta didik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sudut baca, minat baca, gerakan literasi sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LISTYOWATI
Date Deposited: 26 Aug 2019 07:58
Last Modified: 26 Aug 2019 07:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/77184

Actions (login required)

View Item View Item