Network Traffic Monitoring di Jaringan Internet UMS Menggunakan Suricata dan PfSense

Shofia, Nur Hasna and Handaga, Bana (2019) Network Traffic Monitoring di Jaringan Internet UMS Menggunakan Suricata dan PfSense. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

This is the latest version of this item.

[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
pernyataan-publikasi.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Naskah Publikasi)
L200150056-Nur-Hasna-Shofia-Naskah.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Universitas Muhammadiyah Surakarta memiliki jaringan kabel dan nirkabel yang terpasang di semua kampus digunakan untuk akses data & internet. Salah satu masalah jaringan di UMS saat ini adalah sering muncul captcha pada waktu-waktu tertentu ketika melakukan browsing google search melalui jaringan kabel. Hal ini mengurangi kecnyamanan pengguna. Suricata adalah sistem open source yang dapat digunakan untuk mendeteksi penyusupan dalam jaringan, yang dimungkinkan bisa mengidentifikasi penyebab munculnya halaman reCAPTCHA yang mengganggu. Dalam penelitian ini penulis mencoba meneliti masalah tersebut, yaitu mengidentifikasi penyebab munculnya halaman reCAPTCHA menggunakan Suricata dan pfsense. Metode yang digunakan adalah dengan mengamati aliran data 2 buah Server di UMS dan pengujian menggunakan tool aplikasi Selenium dan Hey untuk mengetahui berapa request redundan yang menyebabkan munculnya halaman google reCaptcha. Dari hasil pengamatan didapatkan bahwa pengujian menggunakan Selenium dan Hey belum cukup untuk bisa mengetahui penyebab masalah yang ada. Di butuhkan monitoring jaringan UMS dengan cakupan yang lebih luas serta spesifikasi perangakat keras yang lebih tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Suricata, pfsense, monitoring, captcha
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Nur Hasna' Shofia
Date Deposited: 23 Aug 2019 08:49
Last Modified: 23 Aug 2019 08:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/77047

Available Versions of this Item

  • Network Traffic Monitoring di Jaringan Internet UMS Menggunakan Suricata dan PfSense. (deposited 23 Aug 2019 08:49) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item