PENGARUH DIMENSI KUALITAS JASA TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA PO. SEDYO MULYA TAHUN 2009

Maryanto , Maryanto (2010) PENGARUH DIMENSI KUALITAS JASA TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA PO. SEDYO MULYA TAHUN 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050133.pdf

Download (194kB)
[img] PDF
B100050133.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian: 1) Menganalisis dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsevenes, assurance, dan empathy berpengaruh terhadap sikap konsumen baik secara parsial maupun bersama-sama; 2) Mengiden-tifikasi dimensi kualitas pelayanan jasa yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap sikap konsumen pada PO. Sedyo Mulyo tahun 2009. Hipotesis dalam penelitian ini: 1) Dimensi kualitas pelayanan jasa simpan pinjam yang terdiri dari tangible, reliability, responsevenes, assurance, dan empathy berpengaruh signifikan secara bersama-sama maupun parsial terhadap sikap konsumen pada PO. Sedyo Mulyo; 2) Faktor reliability mempunyai pengaruh paling dominan terhadap sikap konsumen pada PO. Sedyo Mulyo. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna jasa PO. Sedyo Mulyo. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 100 responden para pemakai jasa armada PO. Sedyo Mulyo. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dan convinence sampling. Adapun alat analisis yang digunakan adalah: uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan R2. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan : 1) Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui persamaannya bahwa: Y = 0,027 + 0,325X1 + 0,265X2 + 0,352X3+ 0,261X4 + 0,198X5, artinya bahwa variabel tangible, reliability, responseveness, assurance, dan empathy mempunyai pengaruh yang positif terhadap sikap konsumen di PO. Sedyo Mulyo; 2) Berdasarkan hasil analisis uji t, didapatkan nilai thitung untuk tangible sebesar 3,050 > ttabel (1,990), variabel reliability didapatkan thitung (3,194) > ttabel (1,990), variabel responsevenes didapatkan thitung (3,365) > ttabel (1,990), variabel assurance didapatkan thitung (2,714 > ttabel (1,990), dan variabel empathy didapatkan thitung (2,855) > ttabel (1,990), artinya semakin baik tangible, reliability, responseveness, assurance, dan empathy yang diberikan maka semakin baik dan naik pula sikap konsumen tersebut, dan variabel tangible merupakan faktor yang dominan pengaruhnya. Hasil uji t tersebut membuktikan bahwa hipotesis kedua (Ha2) terbukti kebenarannya; 3) Hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel ; 19,386 > 2,170 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responseveness, assurance, dan empathy terhadap variabel sikap konsumen secara simultan. Berarti hipotesis pertama (Ha1) terbukti kebenarannya; 4) Analisis koefisien determinasi diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,508, artinya bahwa 50,80% variasi variabel sikap konsumen dapat dijelaskan oleh variabel tangible, reliability, responseveness, assurance, dan empathy, sedangkan sisanya yaitu 0% tidak dijelaskan dalam penelitian ini, misalnya tempat yang strategis, jarak tempuh konsumen dengan agen bus, dan lain-lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dimensi Kualitas Pelayanan, Sikap Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Jun 2010 09:23
Last Modified: 15 Nov 2010 01:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7691

Actions (login required)

View Item View Item