ANALISIS PENGARUH PIONER-STATUS SEBUAH MEREK YERHADAP SIKAP KONSUMEN DALAM KATEGORI PRODUK MINUMAN ISOTONIK

Siswanto, Eko (2008) ANALISIS PENGARUH PIONER-STATUS SEBUAH MEREK YERHADAP SIKAP KONSUMEN DALAM KATEGORI PRODUK MINUMAN ISOTONIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040466.pdf

Download (123kB)
[img] PDF
B100040466.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh status pioner sebuah merek terhadap sikap konsumen dalam kategori produk minuman isotonik dengan membandingkan sikap konsumen terhadap Pocari Sweat sebagai merek pioner dan Mizone sebagai merek pengikut. Pengaruh pengetahuan konsumen tentang status pioner merek isotonik dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok yang tahu tentang status pioner (pioneer-status) merek Pocari Sweat (Kelompok 1) dan kelompok yang tidak mengetahui bahwa Pocari Sweat merupakan merek pioner (Kelompok 2). Hasil penelitian ini mengutkan penelitian -penelitian sebelumnya bahwa konsumen mempunyai sikap yang lebih baik terhadap merek pioner dari pada terhadap merek pengikut. Subyek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa UMS yang berjumlah 100 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purpossive non-random sampling Berdasarkan hasil penelitian ini uji Paired sample t test sikap kelompok 1, nilai signifikansi sebesar 0,400 (p>0,05) artinya konsumen mempunyai sikap yang sama terhadap minuman isotonik Pocari Swaet sebagai merek pioner dengan Mizone sebagai merek pengikut. Hasil Paired sample t-test kelompok 2, nilai signifikansi sebesar 0,436 (p>0,05) hal ini berarti konsumen mempunyai sikap yang sama terhadap minuman isotonik Pocari Sweat sebagai pioner dengan Mizone sebagai merek pengikutnya.Uju Independent t-test dari nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. berarti kedua kelompok mempunyai siakp yang sama terhadap Pocari Sweat dan Mizone. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah tidak terbuktinya hipotesis 1dan3, sedangkan hipotesis 2 terbukti, yaitu konsumen memiliki sikap yang sama terhadap Pocari Sweat dan Mizone.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pioneer status, merek,konsumen
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 31 Dec 2008 06:39
Last Modified: 02 Feb 2011 04:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item View Item