Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Learning Together Tentang Pencegahan Ruam Popok Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Di Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo

Rusmawati, Endang and -, Dr. Faizah Betty Rahayuningsih, S.Kep., M.Kes. (2019) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Learning Together Tentang Pencegahan Ruam Popok Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Di Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI-691.pdf

Download (959kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (231kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN-5 endangh].pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Ruam popok merupakan kelainan kulit yang ditimbulkan akibat radang yang terjadi di daerah yang tertutup popok, yaitu kulit di daerah genital, dubur, bokong, lipatan paha dan perut bagian bawah. Ruam popok disebabkan oleh iritasi terhadap kulit yang tertutup oleh popok karena pemakaian popok yang tidak benar. Untuk mencegah terjadinya ruam popok, dibutuhkan pengetahuan yang tepat dari orangtua terutama para ibu, mengenai cara pencegahan ruam popok. Metode Kooperatif Tipe Learning Together adalah metode dengan melibatkan responden yang dibagi menjadi empat kelompok masing-masing terdiri dari empat sampai lima responden dengan latar belakang yang berbeda untuk mengerjakan tugas, menerima pujian dan penghargaan berdasarkan hasil kelompok. Tujuan: Mengetahui pengaruh metode Kooperatif Tipe Learning Together tentang pencegahan ruam popok terhadap ibu hamil di Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian pra-experimental dengan one group pre and post test design. Sampel penelitian ini adalah 20 ibu hamil yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji Paired Sample t-test. Hasil: Analisis data menunjukkan rata-rata pengetahuan ibu hamil sebelum diberikan pendidikan kesehatan tentang pencegahan ruam popok yaitu sebesar 58.75 dan rata-rata pengetahuan ibu hamil setelah diberikan pendidikan kesehatan yaitu sebesar 83.25 dengan nilai signifikan0.000 atau p<0.05. Kesimpulan: Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode Kooperatif Tipe Learning Together tentang pencegahan ruam popok terhadap pengetahuan ibu hamil di Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan metode Kooperatif Tipe Learning Together, pengetahuan, ruam popok.
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: ENDANG RUSMAWATI
Date Deposited: 22 Aug 2019 03:57
Last Modified: 22 Aug 2019 03:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/76630

Actions (login required)

View Item View Item