Pembelajaran Gerakan Shalat Wajib Dan Bacaannya Untuk Anak-anak Berbasis Augmented Reality

Aprianto, Fandi and -, Umi Fadlilah, S.T., M.Eng. (2019) Pembelajaran Gerakan Shalat Wajib Dan Bacaannya Untuk Anak-anak Berbasis Augmented Reality. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi Ilmiah)
NASKAH PUBLIKASI-3 FANDI OK.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Surat perntaan Publikasi Ilmiah)
FANDi surat pernyaa 001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Dampak dari perkembangan teknologi pendidikan seperti sekarang ini, yaitu dengan adanya teknologi Augmented Reality menjadi upaya kegiatan yang menunjang belajar mengajar, penggabungan antara dunia nyata dan dunia maya, dimana objek virtual overlayed pada dunia nyata. Penulis membuat sebuah aplikasi Augmented Reality sebagai media pembelajaran menggunakan program blender yang berlisensi open-source sehingga dapat diunduh langsung pada situsnya. Proses pembuatan sistem pemandu adalah dengan modelling, texturing, dan gaming. Alat peraga menggunakan sistem Augmented Reality lebih mudah dipahami dibandingkan alat peraga konvensional. Melalui alat peraga ini anak-anak seolah-olah dihadapkan pada objek yang dipelajari secara nyata sehingga proses belajar mengajar lebih menyenangkan. Aplikasi ini sudah melewati pengujian Black Box dan pengujian user. Pada pengujian Black Box aplikasi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan rencana awal peneliti dan pada implementasi aplikasi ini pada perangkat android dengan berbagai brand yang berbeda, versi android yang berbeda, serta spesifikasi hardware yang berbeda pula ternyata aplikasi ini dapat berjalan dengan baik sehingga bisa dikatakan aplikasi ini lolos uji Black Box. Kemudian pada pengujian user, yaitu dengan membagikan kuisioner kepada 26 responden, hasil kuisioner juga menunjukkan hasil yang bagus, rata-rata dari jumlah persentase jawaban responden dari pernyataan 1 sampai 10 mencapai 84%. Kata kunci: Android, Augmented Reality, Blender, Gerakan Shalat, Unity 3D. Abstract With the advances in technology and education today, one of the efforts in supporting teaching and learning activities is by using the Augmented Reality Technology (AR) technology, which is a merger between the real world and virtual world, where virutal object are overlayed in the real world. The author designed and Augmented Reality application as a learning medium using an open-source licenset Blender program that can be downloaded directly on its website. Modelling, texturing, and gaming are the processes in the making of the guiding system. The props using the Augmented Reality system are more easily understood and convensional props. Through these children’s props as if faced with objects that are studied in a real way so that the teaching and learning process in more fun. This application has passed Black Box testing and user testing. In the Black Box test the application can run well according to the original plan of the researcher on the implementation of this application on android devices with various different brands, different android versions, as well as different hardware spesifications also turns out that this application can run well so that it can be said application this passes the Black Box test. Then in user testing, namely by distributing questionnaires to 26 respondent, the results of the questionnaire also showed good results, the average number of respondents answers from statements 1 to 10 reached 84%. Keyword: Android, Augmented Reality, Blender, Prayer Movement, Unity 3D.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Android, Augmented Reality, Blender, Gerakan Shalat, Unity 3D.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: FANDI APRIANTO
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:21
Last Modified: 21 Aug 2019 04:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/76570

Actions (login required)

View Item View Item