MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BENTUK ALJABAR (Kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura)

FAJARI, ATIK FITRIYA NURUL (2008) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BENTUK ALJABAR (Kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410040215.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif yang dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran kontekstual dengan model pembelajaran konvensional dalam kegiatan belajar mengajar Matematika. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII yang terdiri dari enam kelas dan sampel sebanyak 80 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas VIID sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 40 siswa, sedangkan kelas kontrol adalah siswa kelas VIIF dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan acak kelompok (cluster random sampling). Metode pengumpulan data adalah metode angket dan observasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas Liliefors dan uji homogenitas Bartlet. Data dianalisis dengan analisis kovariansi (anakova) dengan kemampuan awal siswa sebagai variabel kendali. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan Fhit = 4,02 Pengkonsultasian dengan menggunakan % 5 = a diperoleh hasil Ha diterima yang berarti ada perbedaan peningkatan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa yang dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran kontekstual dengan model konvensional. Lebih lanjut dikatakan bahwa kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa yang dikenai model pembelajaran kontekstual lebih baik dari pada kemampuan berpikir siswa yang dikenai model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kontekstual, konvensional, kemampuan berpikir kritis dan kreatif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 24 Dec 2008 07:48
Last Modified: 17 Nov 2010 10:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/765

Actions (login required)

View Item View Item