Pengaruh Game Online dan Instagram dalam Interaksi Sosial Mahasiswa PGSD UMS

Arosyid, Hafid and , Wahdan Najib Habiby, S.Th.I., M.Pd (2019) Pengaruh Game Online dan Instagram dalam Interaksi Sosial Mahasiswa PGSD UMS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASPUB pengaruh Game Online upload revisi.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN upload revisi.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN UPLOAD REVISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat pernyataan publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan Game Online dan Instagram yang marak dimainkan dikalangan mahasiswa PGSD UMS dan merupakan salah satu efek perkembangan IPTEK di Era Revolusi Industri 4.0, namun dikawatirkan penggunaannya menimbulkan pengaruh yang dapat merubah hubungan sosial dengan lingkungan sekitar. Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan intensitas penggunaan game online dan Instagram dalam interaksi sosial Mahasiswa PGSD UMS, dan 2) Mendeskripsikan pengaruh game online dan Instagram dalam interaksi sosial mahasiswa PGSD UMS. Penelitian menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif dengan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan konsep yang disampaikan Miles dan Hubermen. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa PGSD semester II,IV dan VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Intensitas penggunaan game online dan Instagram mahasiswa PGSD UMS rata-rata perhari menggunakan dalam waktu yang tidak dapat dipastikan dan belum termasuk dalam kategori ketergantungan, 2) Game Online berpengaruh baik bagi sesama pengguna game dalam Interaksi Sosial, namun berpengaruh buruk bagi bukan sesama pengguna game, dan Instagram dalam Interaksi Sosial mahasiswa PGSD UMS sangat positif jika dimanfaatkan sesuai dengan semestinya diantaranya: a) menambah jejaring sosial, b) mampu menciptakan kelompok sosial melalui komunitas yang ada di dalam Instagram, c) dapat bertukar kabar dengan saudara dan teman.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Game Online, Instagram, Mahasiswa, Interaksi Sosial, IPTEK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: HAFID AROSYID
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:36
Last Modified: 14 Aug 2019 07:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/76076

Actions (login required)

View Item View Item