PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA BLOK DIENES PADA SISWA KELAS II SDN JATISOBO 01 KECAMATAN POLOKARTO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2009/2010

Cahyono, Yudi Dwi (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA BLOK DIENES PADA SISWA KELAS II SDN JATISOBO 01 KECAMATAN POLOKARTO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A510070585.pdf

Download (38kB)
[img] PDF
A510070585.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui penggunaan media blok dienes dapat memudahkan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika; (2) mengetahui penggunaan media blok dienes dalam meningkatkan prestasi belajar matematika. Variebel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar Matematika, sedangkan variable tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan media blok dienes. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai sampel adalah siswa kelas II SDN Jatisobo 01 yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data variabel peningkatan hasil belajar Matematika melalui pembelajaran menggunakan media blok dienes digunakan teknik observasi, pencatatan arsip, tes. Teknis analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar nilai tempat, nilai rata-rata siswa mencapai 7,33 dengan prosentase siswa yang memperoleh nilai > 6,0 sebanyak 100% dan untuk materi penjumlahan nilai rata-rata siswa mencapai 7,13 dengan prosentase siswa yang memperoleh nilai > 6,0 sebanyak 86,6%. sedangkan untuk materi pengurangan yang diulang pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup berarti. Semula nilai rata-rata pengurangan pada siklus I hanya 6,26 pada akhir siklus II nilai rata-ratanya mencapai 6,93 dengan prosentase siswa yang memperoleh nilai di atas 6,0 sebanyak 93,33%. Kemudian dilanjutkan siklus III dengan alasan peningkatan nilai dari siklus I ke siklus II belum begitu signifikan dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media blok dienes. Berdasarkan hasil siklus III diperoleh adanya peningkatan hasil belajar nilai tempat, nilai rata-rata siswa mencapai 7,73 dengan prosentase siswa yang memperoleh nilai > 6,0 sebanyak 100% dan untuk materi penjumlahan nilai rata-rata siswa mencapai 7,93 dengan prosentase siswa yang memperoleh nilai >6,0 sebanyak 100%, untuk materi pengurangan juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa mencapai 7,26 dengan prosentase siswa yang memperoleh nilai > 6,0 sebanyak 100%. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi yang diutamakan kepada guru kelas rendah agar dalam menggunakan media blok dienes dalam pembelajaran Matematika sebagai upaya meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas II SDN Jatisobo 01 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media blok dienes, pembelajaran matematika, prestasi belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jun 2010 04:42
Last Modified: 15 Nov 2010 02:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7596

Actions (login required)

View Item View Item