PENGGUNAAN METODE KUIS TIM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SDN 02 TAWANGSARI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Hidayati, Siti Nurlaila (2010) PENGGUNAAN METODE KUIS TIM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SDN 02 TAWANGSARI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A510070572.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img]
Preview
PDF
A510070572.PDF

Download (118kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V semester I SD Negeri 02 Tawangsari. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V dan guru SD Negeri 02 Tawangsari kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dokumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Tawangsari setelah diadakan tindakan kelas. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa meningkat yakni dari pembelajaran dengan sebelum dilaksanakannya tindakan dan sesudah dilakukan penelitian tindakan. Pada proses pembelajaran, dari frekuensi nilai tersebut dapat dilihat bahwa dengan kriteria ketuntasan siswa maka dari 30 siswa pada siklus I yang belum tuntas terdapat 45 %, siklus II yang belum tuntas tinggal 16 % sedangkan siklus III 0 %. Atau pada siklus I yang tuntas ada 17 siswa, siklus II yang tuntas ada 25 siswa, sedangkan proses pembelajaran siklus III secara keseluruhan yakni 30 siswa telah tuntas. Dengan demikian dapat diajukan rekomendasi bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode kuis tim dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada SD Negeri 02 Tawangsari kecamatan Kerjo Karanganyar tahun pelajaran 2009 /2010

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Kuis Tim, Hasil Belajar IPA, Siklus, Observasi dan Refleksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jun 2010 04:15
Last Modified: 08 Jun 2012 10:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7594

Actions (login required)

View Item View Item