KADAR GLUKOSA DAN BIOETANOL PADA FERMENTASI GAPLEK KETELA POHON (ManihotUtillisima, Pohl) VARIETAS MUKIBAT DENGAN PENAMBAHAN Aspergillus niger

Hartatik, Sri (2008) KADAR GLUKOSA DAN BIOETANOL PADA FERMENTASI GAPLEK KETELA POHON (ManihotUtillisima, Pohl) VARIETAS MUKIBAT DENGAN PENAMBAHAN Aspergillus niger. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420040066.pdf

Download (83kB)
[img] PDF
A420040066.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)

Abstract

Sumber energi fosil yang tidak terbarukan harus beralih pada sumber energi alternatif berbahan baku nabati yang dapat diperbaharui. Pembuatan bioetanol dari bahan baku umbi ketela pohon secara fermentasi dapat dijadikan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar nabati yang semakin meningkat. Sehingga dilaksanakan penelitian tentang kadar glukosa dan bioetanol pada fermentasi gaplek ketela pohon varietas mukibat dengan penambahan Aspergillus ninger. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Kimia Fakultas Ilmu Pendidikan UNS dan Laboratorium Kimia fakultas Ilmu Kesehatan UMS pada bulan Maret-April 2008. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor, yaitu lama fermentasi (W) dan Dosis ragi (D). Dari hasil penelitian diperoleh data kadar glukosa tertinggi pada hari ke 7 dengan dosis ragi 100 g adalah 32,83%. Kadar glukosa terendah pada hari ke 5 dengan dosis ragi 50 g adalah 21,13%. Kadar bioetanol tertinggi pada hari ke 7 dengan dosis ragi 100 g adalah 22,8%. Kadar bioetanol terendah pada hari ke 5 dengan dosis ragi 50 g adalah 11,8%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dosis ragi dan waktu fermentasi berpengaruh terhadap kadar glukosa dan bioetanol. Pada hari ke 5 kadar glukosa dan bioetanol kadarnya rendah, hari ke 7 kadar glukosa dan bioetanol meningkat, tetapi pada fermentasi hari ke 10 kadar glukosa dan bioetanolnya menurun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kadar glukosa, kadar bioetanol, fermentasi, ketela pohon.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Dec 2008 02:51
Last Modified: 02 May 2011 05:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/759

Actions (login required)

View Item View Item