PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN LUAS JAJAR GENJANG DAN SEGITIGA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR

Suciati, Yunita Dwi (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN LUAS JAJAR GENJANG DAN SEGITIGA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A510070566.PDF

Download (47kB)
[img] PDF
A510070566.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 02 Kuto dengan pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebagai samplingnya adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Kuto Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pencatatan arsip, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan hasil belajar matematika tentang luas jajar genjang dan segitiga setelah diadakan tindakan kelas dengan penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I niai rata-rata siswa 63,46 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 68,85 dan pada siklus III mencapai 80,38. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Kuto Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Contextual Teaching and Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jun 2010 08:54
Last Modified: 13 Nov 2010 05:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7578

Actions (login required)

View Item View Item