PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 PAPAHAN KECAMATAN TASIKMADU KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Yaningsih, Seti (2010) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 PAPAHAN KECAMATAN TASIKMADU KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A510070549.pdf

Download (75kB)
[img] PDF
A510070549.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) apakah penerapan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat berpengaruh langsung dan signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, dan (2) apakah penerapan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 02 Papahan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Papahan yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SD Negeri 02 Papahan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil analisis datanya adalah : (1) penerapan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan kenampakan alam ternyata dapat berpengaruh langsung dan signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya rata-rata motivasi siswa pada siklus I mencapai 47,61 % berada pada kategori rendah, sedangkan pada siklus II menunjukkan rata-rata motivasi belajar siswa mencapai 65,79 % berada pada kategori tinggi. (2) Penerapan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada pokok bahasan kenampakan alam bagi siswa kelas IV SD Negeri 02 Papahan Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010. Hal tersebut diketahui dari perolehan hasil belajar siswa pada tes awal (pretest) dengan nilai minimum 40 dan maksimum 77, rata-rata 60,5455, pada siklus I menjadi nilai minimum 57 dan maksimum 83, rata-rata 69,5455. Hasil belajar siswa pada akhir siklus II menunjukkan perolehan nilai minimum 65 dan tertinggi 100, rata-rata 76,7273. Siswa yang mencapai ketuntasan / KKM (68) pada hasil tes awal (pretest) sebanyak 8 siswa (24,24 %), pada siklus I menjadi 16 siswa (48,48 %), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 30 siswa (90,90 %).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan kontekstual, motivasi, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jun 2010 08:49
Last Modified: 15 Nov 2010 02:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7577

Actions (login required)

View Item View Item