PERBEDAAN PENYESUAIAN DIRI DAN STRES BELAJAR ANTARA SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN SISWA KELAS REGULER DI SMU NEGERI 3 SURAKARTA

SUSILOWATI , TIKA (2010) PERBEDAAN PENYESUAIAN DIRI DAN STRES BELAJAR ANTARA SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN SISWA KELAS REGULER DI SMU NEGERI 3 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100050161.pdf

Download (157kB)
[img] PDF
F100050161.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)

Abstract

Para siswa berbakat di Indonesia mendapat perhatian khusus dengan disalurkannya bakat mereka pada pengelompokan kelas dan program yang disebut dengan akselerasi. Adanya penyelenggaraan akselerasi tidak luput dari efek negative antara lain munculnya stress belajar dan kurangnya penyesuaian diri akibat lingkungan yang mengungkung mereka dalam aktivitas yang hanya menekankan pengembangan akademik tapi kurang dalam hal sosialisasi. Penelitian ini menggunakan teknik quota non random sampling dan metode pengambilan data penelitian ini menggunakan metode skala. Selanjutnya data dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t. Alat ukur yang digunakan untuk mengungkap variabel-variabel penelitian ada 2 macam alat ukur yaitu: (1) skala penyesuaian diri, (2) skala stress belajar. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hipotesis terbukti yakni ada perbedaan yang signifikan antara penyesuaian diri dan stress belajar antara siswa kelas akslerasi dengan siswa reguler dengan diperolehnya nilai uji-t antar A, yakni untuk variabel penyesuaian diri adalah: (A1-A2) = -3,365 ; p = 0,002 (p < 0,01), sedangkan untuk variabel stres belajar (A1-A2) = 2,432 ; p = 0,017 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan bahwa ada perbedaan rerata penyesuaian diri dan stres belajar yang sangat signifikan antara siswa kelas akselerasi (A1) dan siswa kelas regular (A2), dimana siswa kelas reguler memiliki penyesuaian diri yang lebih tinggi dibandingkan siswa kelas akselerasi dan tingkat stres belajar siswa kelas akselerasi lebih tinggi dibanding siswa kelas reguler. Variable penyesuaian diri diperoleh hasil skor rerata yakni (A1) sebesar 101,000 dan siswa kelas reguler (A2) 113,267, yang disimpulkan bahwa (A2) > (A1), dansedangkan skor rerata stres belajar (A1) sebesar 109,233 dan siswa kelas reguler (A2) sebesar 99,033 sehingga disimpulkan bahwa (A1) > (A2)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penyesuaian diri, stress belajar, siswa kelas akselerasi, siswa kelas reguler.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 18 Jun 2010 08:49
Last Modified: 15 Nov 2010 02:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7576

Actions (login required)

View Item View Item