PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS PADA SISWA KELAS III SEMESTER 1 SDN KEMASAN 03 POLOKARTO TAHUN AJARAN 2009/2010

HARIADI, SLAMET (2010) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS PADA SISWA KELAS III SEMESTER 1 SDN KEMASAN 03 POLOKARTO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A510070547.pdf

Download (104kB)
[img] PDF
A510070547.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pokok bahasan perkalian di SDN Kemasan 03 Polokarto. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan perkalian melalui pendekatan konstruktivistik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas III sebagai pelaku tindakan kelas, dan guru matematika kelas VI sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas III SDN Kemasan 03 Polokarto yang berjumlah 20 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan review. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan perkalian melalui pendekatan konstruktivis. Hal ini dapat dilihat dari : 1) tingkat aktivitas belajar siswa meliputi : a) aktivitas mempelajari materi meningkat dari 4% menjadi 70%, b) aktivitas dalam bertanya siswa dari 25% menjadi 50%, c) siswa yang bermain sendiri dari 50% turun menjadi 15%. 2) hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai lebih dari KKM (65) yang ditentukan dari 30 % menjadi 85%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan konstruktivis dalam pembelajaran matematika pokok bahasan perkalian dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Aktivitas, Pembelajaran, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jun 2010 08:44
Last Modified: 11 Jun 2012 04:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7575

Actions (login required)

View Item View Item