Peningkatan Pemahaman Tentang Tumbuh-Tumbuhan di Lingkungan Sekolah Melalui Pendekatan Alam Semesta pada Siswa Kelas II SD N 03 Tawangsari Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010

JARWANTI, JARWANTI (2010) Peningkatan Pemahaman Tentang Tumbuh-Tumbuhan di Lingkungan Sekolah Melalui Pendekatan Alam Semesta pada Siswa Kelas II SD N 03 Tawangsari Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A510070545.PDF

Download (19kB)
[img] PDF
A510070545.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) tujuan untuk meningkatkan pemahaman materi pelajaran IPA bagi siswa SD Negeri 03 Tawangsari Kecamatan Kerjo.(2). tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas II tentang tumbuh-tumbuhan di lingkungan sekolah pada Sekolah Dasar Negeri 03 Tawangsari semester I tahun pelajaran 2009/2010 melalui penerapan pendekatan alam semesta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 03 Tawangsari yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian adalah guru kelas II SD Negeri 03 Tawangsari. Jenis data berupa pemahaman tentang tumbuhan-tumbuhan di lngkungan sekolah. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis interaktif yang berupa peningkatan pemahaman tentang tumbuh-tumbuhan. Hasil analisis data nya adalah : Dari hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa perolehan nilai siswa kelas II SD Negeri 03 Tawangsari selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam materi tumbuh-tumbuhan. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan alam semesta ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi tumbuh-tumbuhan dalam mata pelajaran IPA. Dalam setiap siklus selalu membawa dampak yang positif kearah peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tumbuh-tumbuhan, pemahaman, siklus, observasi dan refleksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jun 2010 08:39
Last Modified: 08 Jun 2012 09:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7573

Actions (login required)

View Item View Item