Kontribusi Literasi Informasi pada Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa

, Ana Wahyuni, S. Sos. and , Cahyana Kumbul Widada, S.IP. and , Sapta Pujiyanta, S.I.Pust. and , Siti Musyarofah, S.I.Pust. (2019) Kontribusi Literasi Informasi pada Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa. p. 21. (Unpublished)

[img] PDF (Artikel)
Nas pub Kontribusi literasi informasi thd penyelesaian TA mhs tgl 6 agust 19.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 August 2019.

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan literasi apa saja yang mempercepat kelulusan mahasiswa, mengidentifikasi penyelesaian tugas akhir mahasiswa yang mengikuti literasi informasi melalui unggah mandiri di eprints yang tercatat dalam KOHA, mengukur perbandingan jumlah mahasiswa laki-laki dan perempuan yang mengikuti literasi informasi dan menyelesaikan tugas akhir, serta mengetahui program studi yang paling banyak mengikuti literasi informasi. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Prosesnya adalah data merupakan populasi yang dikumpulkan dari semua perserta LI. Penentuan jumlah sampel penelitian menggunakan teknik sampling non random sampling yang merupakan cara pengambilan dengan cara memilih anggota tertentu, artinya tidak semua populasi diberikan kesempatan untuk dipilih sebagai anggota sampel. Teknik penentuan sampel melalui stratified sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan strata atau tingkatan dalam komunitasnya. Pada penelitian ini pengambilan sampel untuk peserta LI angkatan tahun 2012, 2013, dan 2014. Hasil penelitian dari penelitian ini Mahasiswa angkatan tahun 2012 sampai 2014 berjumlah 766 orang. Peserta yang sudah berhasil menyelesaikan tugas akhir sebanyak 642 orang (83%). Berdasarkan jens pelatihan yang banyak diikuti oleh peserta yang sudah meyelesaikan tugas akhir adalah pelatihan turnitin sebanyak 366 peserta (57%). Menurut jenis kelamin peserta pelatihan LI yang sudah menyelesaikan tugas akhir sebesar 508 peserta ( 79,13%) adalah perempuan dari total peserta sejumlah 642. Ada 6 Program studi yang mahasiswanya paling banyak mengikuti LI yaitu Psikologi 38,9%, Fisioterapi 11,7%, Bahasa Inggris 10%, Keperawatan 6,9%, Pendidikan Agama Islam 6,65%, serta Teknik Kimia 5,35%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: literasi informasi, pelatihan, tugas akhir
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Ana Wahyuni
Date Deposited: 06 Aug 2019 09:04
Last Modified: 25 Jul 2022 06:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/75690

Actions (login required)

View Item View Item