ANALISIS SIKAP NASABAH TERHADAP PRODUK MURABAHAH DALAM PEMBIAYAAN KPR PADA BTN KANTOR CABANG SYARI’AH SURAKARTA

OKTAFIANINGSIH, WAHYU DWI (2010) ANALISIS SIKAP NASABAH TERHADAP PRODUK MURABAHAH DALAM PEMBIAYAAN KPR PADA BTN KANTOR CABANG SYARI’AH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
B200050262.pdf

Download (26kB)
[img] PDF
B200050262.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)

Abstract

Perkembangan perbankan syari’ah di Indonesia saat ini telah menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Banyak nasabah yang berganti pada KPR BTN Syariah dari bank konvensional. Kondisi tersebut perlu mendapat perhatian khusus sehingga menjadi alasan yang melatarbelakangi masyarakat memilih pembiayaan KPR Syari'ah yang dikeluarkan oleh bank-bank syari'ah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sikap nasabah KPR BTN Kantor Cabang Syari'ah Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan instrument berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah KPR yang didanai oleh BTN Kantor Cabang Syari'ah Surakarta yang berjumlah sekitar 211 nasabah. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik aksidental sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, dan observasi. Variabel dalam penelitian ini adalah faktor kepercayaan, emosional, pelayanan dan sikap nasabah. Analisis data dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji F, uji t, uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepercayaan, emosional, dan pelayanan menunjukkan nilai thitung > ttabel sehingga masing-masing hipotesa diterima artinya secara individu variabel kepercayaan, emosional, dan pelayanan berpengaruh terhadap sikap nasabah. Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 8,753 dan nilai Ftabel sebesar 2,84 dengan nilai p-value sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel (8,753 > 2,84), artinya secara serempak atau bersama-sama faktor kepercayaan, emosional dan pelayanan berpengaruh terhadap sikap nasabah KPR BTN Kantor Cabang Syari’ah Surakarta. Artinya model yang digunakan dapat dikatakan sudah fit. Dari pengujian yang telah dilaksanakan menghasilkan nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,363. Hal ini menunjukkan bahwa sekitar 36,3% variasi dari sikap nasabah dapat dijelaskan oleh variabel kepercayaan, emosional, dan pelayanan. Sedangkan sekitar 63,7% lainnya dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: faktor kepercayaan, emosional, pelayanan, sikap nasabah
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2010 03:20
Last Modified: 15 Nov 2010 02:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7524

Actions (login required)

View Item View Item