Sosialisasi Nilai-Nilai Persatuan Indonesia Melalui Pemutaran Video Lagu dengan Modifikasi Strategi Role Playing dan Team Quiz di Karang Taruna Kelurahan Bintara Jaya Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi Tahun 2019

Viera Handaru, Anjar and , Dr.Ahmad Muhibbin, M.Sc (2019) Sosialisasi Nilai-Nilai Persatuan Indonesia Melalui Pemutaran Video Lagu dengan Modifikasi Strategi Role Playing dan Team Quiz di Karang Taruna Kelurahan Bintara Jaya Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi Tahun 2019. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN ANJAR.pdf

Download (517kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sosialisasi nilai-nilai persatuan Indonesia melalui pemutaran video lagu dengan modifikasi strategi Role Playing dan Team Quiz pada anggota karang taruna di Kelurahan Bintara Jaya Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang berjenis Pre-eksperimental dengan desain One Grup Pretest Posttest. Penelitian ini dilakukan di RT 04/RW02 Kelurahan Bintara Jaya Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi dengan populasi yang berjumlah 50, dan sampel 20.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, dan observasi. Adapun indikator yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) Perasaan sama dalam kebersamaan dan senasib antar masyarakat 2) Terdorong oleh sifat kodrat manusia sebagai makhluk sosial 3) Adanya sebuah kebutuhan ketergantungan antara manusia satu dengan lainnya 4) Adanya dorongan jiwa sama tinggi dan sama rendah 5) Adanya dorongan untuk membantu kesusahan orang lain. Validitas penelitian ini adalah validitas isi dengan menggunkan rumus Correlation Product Moment dan Pearson. Reabilitas menggunakn rumus Alpha Cronbach. Normalitas data dalam penelitian ini menggunakan uji Shapiro Wilk. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan t hitung 8,6565 lebih kecil dari t tabel 2,086 dengan taraf signifikan 0,05. Hal ini berarti ada perbedaan pemahaman pada anggota karang taruna di Kelurahan Bintara Jaya Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi Tahun 2019 antara sebelum (Pretest) dan sesudah (Posttest) sosialisasi nilai-nilai Persatuan Indonesia melalui pemutaran video lagu dengan modifikasi strategi role playing dan team quiz. Nilai rata-rata Pretest 44,50 menjadi 60,20 pada Posttest. Berdasarkan hasil kedua data Pretest dan Posttest tersebut kemudian dibandingkan sehingga diperoleh 17,60. H0 ditolak, artinya ada peningkatan pemahaman karang taruna di Kelurahan Bintara Jaya Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi antara (Pretest) dan setelah diberi perlakuan (Posttest) sosialisasi nilai-nilai Persatuan Indonesia melalui pemutaran video lagu dengan modifikasi Strategi Role Playing dan Team Quiz atau ada perbedaan nilai rata-rata antara sebelum dan sesudah perlakuan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Socialization, Unity Values, Role Playing, Team Quiz
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: ANJAR VIERA HANDARU
Date Deposited: 01 Aug 2019 02:42
Last Modified: 01 Aug 2019 02:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/75223

Actions (login required)

View Item View Item