ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS LAYANAN PASAR TRADISIONAL DAN MODERN

ARDYANINGRUM , RUSITA DEWI (2010) ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS LAYANAN PASAR TRADISIONAL DAN MODERN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100060015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img]
Preview
PDF
B100060015.pdf

Download (63kB)

Abstract

Penelitian yang mengambil judul Analisis Perbedaan Persepsi Konsumen Terhadap kualitas Layanan Pada Pasar Tradisional dan Modern (Kasus Pada Pasar Tradisional Delanggu dan Pasar Modern Luwes Delanggu) dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis bagaimana persepsi konsumen baik Toserba Luwes atau pun Pasar Tradisional Delanggu terhadap kualitas layanan yang diberikan. Dan juga untuk mengganalisis apakan terdapat perbedaan persepsi yang signifikan terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh Pasar Tradisional Delanggu dan Toserba Luwes Delanggu. Penelitian ini dilakukan di dua tempat yang berbeda yaitu Pasar Tradisioanl Delanggu dan Toserba Luwes Delanggu dengan menggunakan perhitunggan statistik. Hal ini bertujuan agar penelitian yang dilakukan lebi akurat, sehingga didapat solusi yang tepat. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Toserba luwes Delanggu dan Pasar Tradisional Delanggu. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan metode incidental sampling yaitu setiap sampel yang dipilih untuk mengisi kuesioner dengan tanpa direncana dan tanpa ada ketentuan khusus sehingga tujuan yang diinginkan tercapai dan diusahakan dapat mewakili populasi dari konsumen Toserba Luwes Delanggu dan Pasar Tradisional Delanggu. Sampel yang digunakan berjumlah 200 orang yang terdiri dari 100 orang konsumen dari Pasar Tradisional Delanggu dan 100 orang dari Toserba Luwes Delanggu. Alat analisis yang digunakan adalah Uji Beda Dua Mean.Dari hasil pengolahan dengan program SPSS 10.0 dapat diketahui bahwa pada Toserba Luwes Delanggu untuk aspek fisik, reliability dan kebijakan dipersepsikan lebih baik dari pada di Pasar Tradisional Delanggu. Sedangkan pada Pasar Tradisional Delanggu untuk aspek interaksi personal dan pemecahan masalah dipersepsikan lebih baik oleh responden dibandingkan dengan Toserba Luwes Delanggu. Dan untuk membuktikan hipotesis yang diajukan yang telah dihitung dengan uji beda dua mean diketahui pada aspek fisik niali probabilitas 0,000<0,05 maka Ho ditolak, untuk aspek reliability diketahui probabilitasnya 0,001<0,05 maka Ho ditolak, aspek interaksi personal diketahui probabilitasnya 0,233>0,05 maka ho diterima, aspek pemecahan masalah diketahui probabilitas 0,000<0,05 maka Ho ditolak, dan untuk aspek kebijakan nilai probabilitasnya 0,000<0,05 maka Ho ditolak. Pada aspek Fisik, reliability, pemecahan personal dan kebijakan diketahui bahwa probabilitas <0,05 maka Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan signifikan. Dan pada aspek interaksi personal nilai probabilitas>0,05 maka Ho diterima yang artinya tidak signifikan berarti tidak terdapat perbedaan secara signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Konsumen, Kualitas layanan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 15 Jun 2010 08:14
Last Modified: 15 Nov 2010 03:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7476

Actions (login required)

View Item View Item