PENERAPAN MEDIA VISUAL FLASH MOVIE DALAM PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 COLOMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009/2010

MARIYATUN , MARIYATUN (2010) PENERAPAN MEDIA VISUAL FLASH MOVIE DALAM PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 COLOMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420060116.pdf

Download (71kB)
[img] PDF
A420060116.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi siswa pada pokok bahasan sistem pernapasan manusia dengan penerapan media visual flash movie dalam pembelajaran aktif pada siswa SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar kelas VIIIE tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data kualitatif yaitu dengan menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif) mata pelajaran Biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran Biologi berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dengan kolaborator. Penelitian ini diawali dengan menyampaikan materi dengan media visual flash movie kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I ranah kognitif = 6,05 atau meningkat sebesar 0,58 dari nilai awal (5,47) dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,94; ranah afektif= 15,14 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus II ranah kognitif= 6,93 atau meningkat sebesar 0,88 dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,69; ranah afektif= 17 (termasuk kategori kurang berminat) atau meningkat sebesar 1,86 dari siklus I. Rata-rata hasil belajar pada siklus III ranah kognitif= 8,08 atau meningkat sebesar 1,15 dari siklus II dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,63; ranah afektif 21,22 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 4,22 dari siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan rata-rata nilai kognitif (6,05<6,93<8,08) dan rata-rata nilai afektif (15,14<17<21,2) bahwa penerapan media visual flash movie dalam pembelajaran aktif dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Penerapan Media Visual Flash Movie, Pembelajaran Aktif , Sistem pernapasan Manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2010 06:19
Last Modified: 15 Nov 2010 03:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7470

Actions (login required)

View Item View Item