PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2006 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI IA SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008

Hidayati , Zaidah Akromatul (2008) PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2006 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI IA SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420040099.pdf

Download (135kB)
[img] PDF
A420040099.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tiga dimensi dalam pelaksanaan kurikulun 2006 terhadap hasil belajar biologi pada siswa XI IA 1 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun ajaran 2007/2008. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dianalisis menggunakan media alur. Media alur yang dilalui dalam analisis data kualitatif meliputi : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (kognitif) biologi siswa, pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran biologi berlangsung dan guru mata pelajaran biologi. Dari hasil pembahasan dapat dinyatakan bahwa rata-rata hasil belajar siklus III lebih tinggi dari siklus I dan siklus II, baik dilihat dari aspek kognitif (8,26 > 7,96 > 7,35) dan afektif (21,5 > 17,1 > 14,7). Hal ini berarti media tiga dimensi dapat diterapkan dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Tiga Dimensi, Kurikulum 2006, Pembelajaran Biologi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Dec 2008 03:20
Last Modified: 01 Feb 2011 06:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/747

Actions (login required)

View Item View Item