IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBELAJARKAN BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE-SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

HARYATI , HARYATI (2010) IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBELAJARKAN BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE-SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420060023.pdf

Download (53kB)
[img] PDF
A420060023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Kesulitan membelajarkan biologi merupakan segala sesuatu keadaan yang menghambat atau menyulitkan dalam proses pembelajaran biologi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya kesulitan guru dalam membelajarkan fisiologi hewan dan fisiologi manusia di Sekolah Menengah Atas se-Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian eksplorasi dan kualitatif dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu kuesioner yang bersifat tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata guru-guru biologi mengalami kesulitan sebesar 44,2% (sedang). Adapun item kesulitan meliputi penyusunan RPP 40,3% (rendah), sumber belajar 47,7% (sedang), faktor guru 45,6% (sedang), faktor siswa 38,9% (rendah), organisasi waktu 27,8% (rendah), evaluasi 45,1% (sedang) dan tindak lanjut 46,7% (sedang). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor kesulitan yang paling tinggi persentasenya yaitu sumber belajar dalam membuat LKS (47,69%), hal ini diduga karena guru mengalami kesulitan dalam mencari serta membuat sumber belajar sendiri yang sesuai dengan KTSP dan karakteristik siswa yang tujuannya untuk mencapai standar kompetensi pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan, Membelajarkan Biologi, SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2010 05:55
Last Modified: 15 Nov 2010 03:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7463

Actions (login required)

View Item View Item