UPAYA PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI TIPE BUZZ GROUP PADA SISWA KELAS VIIIA SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009

SANTOSO , WIBOWO SURYO (2010) UPAYA PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI TIPE BUZZ GROUP PADA SISWA KELAS VIIIA SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420050110.pdf

Download (58kB)
[img] PDF
A420050110.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan banyak metode pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar, guru dapat menggunakan PTK. Di SMP Muhammadiyah 1 Klaten hasil belajar belum maksimal.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran metode diskusi tipe Buzz Group pokok bahasan Sistem Pernapasan Pada Manusia pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Klaten tahun ajaran 2008/2009. Data hasil belajaI Biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kuantitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III yang dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk nilai afektif pada siklus pertama adalah 2,5 (kurang baik), siklus kedua adalah 3,4 (baik) dan siklus yang ketiga adalah 4,5 (baik). Pada siklus III terdapat peningkatan nilai afektif sebesar 2,0 dari nilai siklus I.Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,6 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,7 rata-rata siklus II meningkat menjadi 6,0 dan siklus III meningkat menjadi 7,9. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan metode diskusi tipe Buzz Group pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,03 point. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode diskusi tipe Buzz Group meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Klaten tahun ajaran 2007/2008.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode diskusi tipe Buzz Group, proses dan hasil belajar Biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2010 05:42
Last Modified: 15 Nov 2010 03:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7460

Actions (login required)

View Item View Item