PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA MATERI POKOK GOLONGAN DARAH PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

Kincoko , Dwi (2010) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA MATERI POKOK GOLONGAN DARAH PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420050076.pdf

Download (383kB)
[img] PDF
A420050076.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010 dengan penerapan metode pembelajaran role playing pada materi pokok golongan darah pada manusia. Metode penelitian dengan penerapan metode pembelajaran role playing dilakukan dalam tiga siklus. Diakhiri dengan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas XI IPA pada siklus I (aspek kognitif = 47, 89; aspek afektif = 28,50 (termasuk kategori cukup berminat)). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (aspek kognitif = 60,35; aspek afektif = 37, 03 (termasuk kategori berminat)). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (aspek kognitif = 73,17; aspek afektif = 43,28 (termasuk kategori sangat berminat)). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode role playing, dan hasil belajar biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2010 05:26
Last Modified: 15 Nov 2010 03:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7458

Actions (login required)

View Item View Item