IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMUNIKASI DENGAN STRATEGI TTW (Think-Talk-Write) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI “PENTINGNYA KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DALAM PELESTARIAN EKOSISTEM” SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2008/2009

HIDAYAT, FAUZAN (2010) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMUNIKASI DENGAN STRATEGI TTW (Think-Talk-Write) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI “PENTINGNYA KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DALAM PELESTARIAN EKOSISTEM” SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420050059.pdf

Download (303kB)
[img] PDF
A420050059.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan bebrapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan model pembelajaran berbasis komunikasi dengan strategi TTW (Think-Talk-Write) pada siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Sawit, Boyolali tahun ajaran 2008/2009. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus, yang tiap siklusnya diakhiri dengan post tes. Proses penelitian ini diawali dengan diskusi mengenai artikel atau wacana dan diakhiri dengan kesimpulan dan post-test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 75,921 atau meningkat sebesar 14,526 dari nilai awal dengan standar deviasi (SD) sebesar 7,242; ranah afektif = 17,921 (termasuk cukup berminat)). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 81,315 atau meningkat sebesar 5,394 dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 6,456; ranah afektif = 22,263 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 4,342 dari siklus I). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan mengimplementasikan model pembelajaran berbasis komunikasi dengan strategi TTW dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VII E SMP Negeri 3 sawit boyolali Tahun Ajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Think-Talk-Write, Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2010 05:22
Last Modified: 15 Nov 2010 03:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7457

Actions (login required)

View Item View Item