FENOMENA KEINGINAN MENAMPILKAN DIRI PADA MAHASISWA MELALUI LAYANAN SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK

Restuwati, Evi Sri (2009) FENOMENA KEINGINAN MENAMPILKAN DIRI PADA MAHASISWA MELALUI LAYANAN SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100050100.pdf

Download (91kB)
[img] PDF
F100050100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)

Abstract

Fenomena keinginan menampilkan diri pada mahasiswa melalui layanan situs jejaring sosial Facebook adalah dorongan dari dalam diri mahasiswa untuk menampilkan atau menunjukkan diri melalui layanan situs jejaring sosial Facebook yang timbul karena adanya kebutuhan akan pengakuan, rasa memiliki dan dimiliki serta kasih sayang; kebutuhan akan penghargaan, kebutuhan aktualisasi diri, kebutuhan afiliasi, dan kebutuhan ekshibisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi fenomena keinginan menampilkan diri pada mahasiswa melalui layanan situs jejaring sosial Facebook. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Bentuk sampel pada penelitian ini adalah purposive sample dengan kriteria subjek penelitian mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007, memiliki akun Facebook minimal 6 bulan, berusia 18-24 tahun. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive non random sampling. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 193 orang. Metode analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan fenomena keinginan menampilkan diri pada mahasiswa melalui layanan situs jejaring sosial Facebook yang berupa data frekuensi dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Waktu 6 bulan dan 12 bulan menjadi saat-saat “booming” para mahasiswa dalam menampilkan diri di Facebook; (2) Para mahasiswa yang menampilkan diri melalui Facebook, rata-rata terakhir kali mengecek akun Facebook dalam waktu kurang dari 12 jam dengan intensitas mengecek akun Facebook dan intensitas meng-update status sebanyak 1 hingga 5 kali sehari; (3) Keinginan menampilkan diri secara sosial pada mahasiswa melalui Facebook dapat dilihat dari jumlah teman dan teman akrab dalam akun Facebook, serta paling banyak menggunakan komentar di status update untuk berinteraksi dengan pengguna Facebook yang lain; (4) Keinginan menampilkan diri pada mahasiswa melalui foto pada situs jejaring sosial Facebook tergolong rendah, karena intensitas upload foto dan intensitas mengganti profile picture tergolong jarang (tidak pernah dan sebulan sekali), serta jumlah foto yang tergolong sedikit, yaitu rata-rata kurang dari 25 buah; (5) Keinginan menampilkan diri pada mahasiswa melalui Facebook semakin lebih mudah tersalurkan, karena dapat mengakses Facebook melalui telepon seluler dan tempat akses internet yang paling sering digunakan adalah di rumah (kost); (6) Uang saku perbulan memiliki andil dalam memfasilitasi biaya internet para mahasiswa pengguna layanan Facebook.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keinginan menampilkan diri, mahasiswa, Facebook
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 07 Sep 2010 03:21
Last Modified: 15 Nov 2010 03:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7440

Actions (login required)

View Item View Item