PENGARUH INTENSITAS DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI II JUWIRING KLATEN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

HAPSARI , LUSY TRI (2009) PENGARUH INTENSITAS DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI II JUWIRING KLATEN TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A220060006.pdf

Download (139kB)
[img] PDF
A220060006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh intensitas dan kedisiplinan belajar terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran PKn pada siswa kelas VIII di SMP Negeri II Juwiring Klaten tahun pelajaran 2008/2009. Dalam penelitian ini populasinya sebanyak 197 orang siswa mencakup lima kelas. Dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel sebanyak 40 siswa yang diambil dengan menerapkan teknik pengambilan sampel kombinasi (Combined Sampling), yaitu “Quota Purposive Area Proportional Random Sampling” dengan cara undian. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket yang merupakan metode pokok, sedangkan dokumentasi, observasi, dan wawancara sebagai metode bantu. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai intensitas dan kedisiplinan belajar maupun data kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran PKn. Di samping itu, digunakan pula metode bantu berupa dokumentasi, observasi, dan wawancara untuk mengkonfirmasikan data yang telah terkumpul melalui angket. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisis regresi dua prediktor dengan rumus: F reg = Dari hasil analisis data diperoleh Freg sebesar = 17,333, setelah dikonsultasikan dengan Ftabel dengan db = N-m-1 atau 2 lawan 37 pada taraf signifikansi 5% telah ditentukan besarnya Ftabel = 3,25 dan pada taraf signifikansi 1% ditentukan besarnya Ftabel = 5,21. Dengan demikian hasil analisis Freg itu berada di atas nilai Ftabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu bahwa 17,333 > 3,25 atau 17,333 > 5,21 pada taraf signifikansi 1%, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh intensitas dan kedisiplinan belajar terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran PKn pada siswa kelas VIII di SMP Negeri II Juwiring Klaten tahun pelajaran 2008/2009 terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari intensitas belajar dan kedisiplinan belajar terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran PKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Juwiring Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2008/2009. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 62%, sedangkan kedisiplinan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 38% terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran PKn. Selanjutnya, hasil analisis data menunjukkan bahwa intensitas belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 30%, sedangkan kedisiplinan belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 18,4% terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran PKn. Dalam hal ini nampak bahwa variabel intensitas belajar memiliki pengaruh lebih dominan terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran PKn dibandingkan variabel kedisiplinan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari intensitas belajar dan kedisiplinan belajar terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran PKn bagi siswa yang bersangkutan. Semakin tinggi intensitas belajar serta semakin tinggi kedisiplinan belajar, maka akan menyebabkan kecenderungan siswa tersebut memiliki kemampuan memahami materi pelajaran Pkn yang tinggi pula. Artinya intensitas belajar dan kedisiplinan belajar merupakan faktor-faktor yang ikut mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran PKn yang bersangkutan. Oleh karena itu, perlu diupayakan untuk meningkatkan intensitas belajar serta kedisiplinan belajar pada diri siswa. Intensitas yang tinggi dalam proses pembelajaran dan kedisiplinan belajar yang tinggi diharapkan akan semakin mendorong siswa untuk memiliki kemampuan memahami materi pelajaran PKn yang tinggi pula.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2010 07:37
Last Modified: 15 Nov 2010 03:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7429

Actions (login required)

View Item View Item