KONTRIBUSI PENDIDIKAN KEMAMPUAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD DI KEC. UNGARAN KAB. SEMARANG

HARSINI , YUANI TRI (2006) KONTRIBUSI PENDIDIKAN KEMAMPUAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD DI KEC. UNGARAN KAB. SEMARANG. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050194.pdf

Download (79kB)
[img] PDF
Q100050194.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Kontribusi Pendidikan, Kemampuan dan Motivasi terhadap kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang. Subyek Penelitian adalah guru-guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket pada responden. Analisis data yang dilakukan dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ungaran dalam kategori sedang yang artinya semua guru memiliki kinerja yang baik dalam melaksakana tugas. Selain itu tingkat pendidikan guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang sebagian besar (yaitu 75 %) adalah non Sarjana (D2)belum kualivikasi. Penelitian juga menunjukkan bahwa kemampuan dan motivasi guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang berada dalam kategori sedang. Distribusi data yang diperoleh selama pengamatan menunjukkan valid dan reliabel, begitu juga dalam linier dan multi kolinieritas juga tidak ditemukan hasil penelitian yang menyimpang. Dengan demikian ketiga variabel independen (Pendidikan, kemampuan, motivasi guru Sekolah Dasar) dapat digunakan sebagai variabel yang mempengaruhi variabel dependen (Kinerja). Pada pengujian pertama, diperoleh hasil bahwa secara parsial terdapat kontribusi yang signifikan antara tingkat pendidikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang. Pada pengujian kedua, diperoleh hasil bahwa secara parsial terdapat kontribusi yang signifikan antara kemampuan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang. Pada pengujian ketiga, diperoleh hasil bahwa secara parsial terdapat kontribusi yang signifikan antara kemampuan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang. Dari pengujian keempat, diketahui juga terdapat kontribusi yang signifikan antara tingkat pendidikan, kemampuan dan motivasi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang, maka hipotesis keempat dapat diterima. Berdasarkan pada hasil analisis yang telah diperoleh, maka peningkatan tingkat pendidikan, kemampuan dan motivasi guru Sekolah Dasar sangat diperlukan untuk peningkatan kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, kemampuan, motivasi, kinerja, guru SD di Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2010 04:57
Last Modified: 15 Nov 2010 03:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7416

Actions (login required)

View Item View Item