KONTRIBUSI KEMAMPUAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM KERJA TERHADAP ETOS KERJA GURU S D NEGERI DI KECAMATAN UNGARAN

Sugiharto , Sugiharto (2007) KONTRIBUSI KEMAMPUAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM KERJA TERHADAP ETOS KERJA GURU S D NEGERI DI KECAMATAN UNGARAN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050188.pdf

Download (67kB)
[img] PDF
Q100050188.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)

Abstract

Guru merupakan sumber daya yang sangat menentukan kemajuan pendidikan. Oleh sebab itu kepala sekolah dituntut mampu mengorganisir dan mengoptimalkan kinerja guru. Kepala Sekolah yang cerdas mampu meminpin dan menciptakan iklim kerja yang sejuk. Apabila kepeminpinan sekolah terlaksana secara efektif dan iklim kerja yang menyenangkan, akan berpengaruh terhadap peningkatan etos kerja guru. Penelitian ini mengangkat masalah pengaruh kemampuan kepeminpinan kepala sekolah dan iklim kerja terhadap etos kerja guru SD Negeri di Kecamatan Ungaran. Penelitian ini bertujuan: (1) menguji pengaruh kemampuan kepeminpinan kepala sekolah terhadap etos kerja guru, (2) menguji pengaruh iklim kerja terhadap etos kerja guru, dan (3) menguji pengaruh kemampuan kepeminpinan kepala sekolah dan iklim kerja secara bersama-sama terhadap etos kerja guru. Populasi penelitian adalah guru SD Negeri di Kecamatan Ungaran, baik pegawai negeri atau non pegawai negeri berjumlah 548 orang. Karena jumlah populasi besar maka penelitian dengan mengambil sampel berjumlah 83 guru dipilih secara acak. Penelitian ini mengangkat dua variabel bebas yaitu: kemampuan kepeminpinan kepala sekolah (X1) dan iklim kerja (X2), serta satu variabel terikat yaitu etos kerja guru (Y). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang sebelumnya telah diuji cobakan ke 30 responden untuk uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dengan tehnik regresi berganda. Sebelum uji regresi berganda, dilakukan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas,uji linieritas, uji multikolinieritas, uji autokolerasi dan uji heterokedastisitas. Hasil analisis dengan uji t, kontribusi kemampuan kepeminpinan kepala sekolah sangat signifikan terhadap etos kerja guru (skor= 3,174), dan kontribusi iklim kerja sangat signifikan terhadap etos kerja guru (skor= 5,329). Dan secara simultan dengan uji F, kontribusi variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y skornya 45,117 dengan p=0,000 sehingga p < 0,01 berarti variabel bebas berpengaruh sangat signifikan terhadap variabel terikat. Berdasarkan penelitian sumbangan efektif variabel X1 dan X2 terhadap Y = 51,8%. Berarti etos kerja guru tidak hanya dipengaruhi variabel X1 dan X2, tetapi masih ada pengaruh lain sebesar 48,8% yang merupakan sumbangan diluar penelitian.Maka disarankan kepada kepala SD Negeri di Kecamatan Ungaran;(1) mengoptimalkan kemampuan kepeminpinannya,(2) mampu meningkatkan etos kerja guru dan menciptakan iklim kerja yang menyenangkan,(3) bagi peneliti selanjutnya agar dapat mengadakan penelitian tidak hanya terbatas di SD Negeri saja tetapi juga SD Swasta.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kepeminpinan kepala sekolah, iklim kerja, etos kerja guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2010 04:42
Last Modified: 15 Nov 2010 04:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7412

Actions (login required)

View Item View Item