IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMP NEGERI 2 KISMANTORO KABUPATEN WONOGIRI

TUKINO , TUKINO (2006) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMP NEGERI 2 KISMANTORO KABUPATEN WONOGIRI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050127.pdf

Download (56kB)
[img] PDF
Q100050127.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 2 Kismantoro Kabupaten Wonogiri khususnya tentang pengelolaan pembelajaran, pengelolaan ketenagaan, dan pengelolaan sarana sekolah. Metode yang digunakan untuk penelitian adalah metode penelitian kualitatif dengan strategi fenomenologi. Informen penelitian adalah para pejabat Sekolah, komite Sekolah sebagai informan pejabat sekolah,guru,komite sekolah, dan peserta didik SMP Negeri 2 Kismantoro Kabupaten Wonogiri 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan sesuai dengan fokus peneliti menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik deskriptif analitik, yaitu suatu proses untuk pengambilan kesimpulan dengan jalan untuk menjelaskan data yang didasarkan atas fenomena- fenomena yang ada dan fakta-fakta yang berdasarkan hsil dari wawancara dengan semua responden atau obyek penelitian di sekolah. Berdasarkan data hasil penelitian setelah data dianalisis dapat diambil kesimpulah bahwa (1)Pengelolaan pembelajaran SMP Negeri 2 Kismantoro Kabupaten Wonogiri menunjukan kreteria sangat baik yang dapat ditunjukan dengan sebagian besar guru telah membuat rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melaksanakan evaluasi pembelajaran, melaksanakan analisis evaluasi pembelajaran, dan melaksanakan perbaikan dan pengayaan sebagai tindak lanjut dari analisis evaluasi pembelajaran, kemudian memperoleh supervisi pembelajaran. (2) Pengelolaan ketenagaan dapat menunjukan kreteria sangat baik, yang dapat ditunjukan dari sebagian besar guru telah mendapatkan pembagian tugas mengajar dan tugas lain, serta memperoleh hadiah atau sangsi, dan memperoleh pembinaan profesi, diberikan kesempatan untuk mengambil keputusan, juga mengadakan pembinaan kesiswaan, dan mengikutkan pendidikan dan latihan untuk dapat diterapkan dalam pembelajaran. (3) Pengelolaan sarana telah dapat menunjukan dengan kreteria yangsangat baik, yang dapat dibuktikan dari sebagian besar guru telah diberikan kesempatan untuk menentukan rencana kebutuhan sarana pembelajaran, mengadakan atau membeli sarana dengan tim, dapat memanfaatkan sarana yang yang dimiliki, bisa mengamankan sarana, dan memelihara sarana agar sarana tersebut tetap utuh dan dapat dipakai kembali.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Pembelajaran, Pengelolaan Ketenagaan, Pengelolaan Sarana Prasarana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2010 04:34
Last Modified: 15 Nov 2010 04:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7410

Actions (login required)

View Item View Item