PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007/2008

Kurniawan,, Taufiq Dedy (2008) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A220040002.pdf

Download (116kB)
[img] PDF
A220040002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2007/2008. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Negeri 1 Surakarta yang berjumlah 241 siswa, dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel sebanyak 36 siswa dengan prosedur pengambilan sampel kombinasi (Combined Sampling), yaitu ” Quota Purposive Area Proportional Random Sampling” dengan cara undian. Alat pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi sebagai metode pokok dan wawancara sebagai metode bantu. Angket digunakan untuk mengumpulkan data persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar, sedang dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar PKn pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2007/2008. Metode wawancara digunakan untuk konfirmasi data. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisis regresi dua prediktor dengan rumus : ............. Hasil analisis regresi diperoleh Freg sebesar = 8,534, setelah dikonsultasikan dengan Ftabel dengan db m lawan N-m-1 atau 2 lawan 37 pada taraf signifikansi 5% telah ditentukan besarnya Ftabel = 3,26. Dengan demikian hasil analisis Freg itu berada di atas nilai Ftabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu bahwa 8,534 > 3,26Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari pengaruh persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2007/2008. Sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang berarti (signifikan) dari pengaruh persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2007/2008, terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Variabel persepsi siswa mengenai kepribadian guru memberikan sumbangan relatif sebesar 51,54% dan sumbangan efektif 17,57%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 48,46% dan sumbangan efektif 16,52%. Sehingga nampak bahwa variabel persepsi siswa mengenai kepribadian guru memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap terhadap prestasi belajar PKn dibandingkan variabel motivasi belajar, dengan demikian semakin tinggi intensitas persepsi siswa mengenai kepribadian guru dapat dipastikan memberikan pengaruh pada peningkatan prestasi belajar PKn pada siswa yang bersangkutan. Dari perhitungan di atas ada faktor lain sebesar 65,9% (100%-34,1%) yang mempengaruhi prestasi belajar pada siswa, misalnya pola belajar, fasilias belajar, kedisiplinan dalam belajar, perhatian orang tua, tingkat kecerdasan siswa,dan lingkungan tempat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka perlu dilakukan suatu usaha untuk meningkatkan persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepribadian guru, motivasi belajar, prestasi belajar PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Dec 2008 04:47
Last Modified: 12 Dec 2014 12:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/741

Actions (login required)

View Item View Item