METODE PEMBELAJARAN AQIDAH DI SMK MUHAMMADIYAH 5 KARANGANYAR PONDOK PESANTREN ISLAM TERPADU MUHAMMADIYAH ”AL-MA‟UN” SROYO TAHUN 2008/2009

SURYONO, SURYONO (2010) METODE PEMBELAJARAN AQIDAH DI SMK MUHAMMADIYAH 5 KARANGANYAR PONDOK PESANTREN ISLAM TERPADU MUHAMMADIYAH ”AL-MA‟UN” SROYO TAHUN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000070062.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
G000070062.pdf

Download (293kB)

Abstract

ABSTRAK Metode adalah komponen pembelajaran yang dapat menciptakan aktivitas pendidikan menjadi lebih efektif dan efisien. Sebagus dan selengkap apapun sebuah kurikulum pendidikan, tidak akan berarti apa-apa jika tidak memiliki metode atau cara yang tepat dalam kegiatan transfer ilmu kepada peserta didik. Ketidak tepatan dalam penerapan metode secara praktis akan menghambat proses belajar mengajar yang akan berakibat pada terbuangnya waktu secara sia-sia. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 5 Karanganyar merupakan salah satu sekolah menengah yang memiliki keunggulan perpaduan antara ilmu keterampilan dengan pemahaman agama Islam yang diajarkan secara integral. Melalui program asrama para siswa mudah terkontrol perkembangannya. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan berbagai macam metode untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Penulis merumuskan permasalahan dengan mengangkat tema tentang penggunaan metode pembelajaran aqidah di SMK Muhammadiyah 5 Karanganyar tahun 2008/2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi aqidah di SMK Muhammadiyah 5 Karanganyar tahun 2008/2009. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan teoritik bagi pengembang metode pembelajaran aqidah serta sumber informasi yang berarti dalam penghimpunan data yang berkaitan dengan metode pembelajaran aqidah, sumbangan praktis untuk dijadikan bahan pertimbangan guna peningkatan mutu pendidikan di dengan perbaikan metode pembelajaran di SMK Muhammadiyah 5 Karanganyar dan sekolah lainnya yang sama-sama mempunyai kepentingan dalam metode pembelajaran aqidah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat kualitatif, objek penelitian ini adalah pimpinan pesantren, kepala sekolah, guru materi aqidah, tata usaha, kepala madrasah diniyah, dan sebagian siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kualitatif ( penelitian yang menghasilkan kata-kata tulisan atau lisan Penelitian ini menyimpulkan bahwa, metode pembelajaran aqidah di SMK Muhammadiyah 5 Karanganyar tahun ajaran 2008/2009 secara teoritis sudah efektif, akan tetapi dalam tataran praktis belum bisa optimal dan masih ditemui banyak kendala dikarenakan sekolah ini memiliki fasilitas yang kurang lengkap.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE, PEMBELAJARAN, AQIDAH
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 11 Jun 2010 09:27
Last Modified: 15 Nov 2010 04:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7397

Actions (login required)

View Item View Item