MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI JUMAPOLO

T A R M A , T A R M A (2006) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI JUMAPOLO. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050079.pdf

Download (39kB)
[img] PDF
Q100050079.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)

Abstract

Permasalahan penelitian adalah Bagaimanakah proses pengelolaan pembelajaran Bahasa Arab dengan pendekatan Kontekstual di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jumapolo, Bagaimanakah situasi pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jumapolo setelah dilaksanakan pendekatan kontekstual? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses pengelolaan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jumapolo, Mengetahui situasi keaktifan murid dalam pembelajaran bahasa Arab setelah menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian deskriptif Kualitatif, dengan model Penelitian Tindakan Kelas.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi Kasus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi atau pengamatan, dokumentasi , dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan pendekatan Kontekstual terjadi perubahan cara-cara mengajar guru, baik melalui metode maupun penggunaan media belajar yang bervariasi. Anak bukan hanya sebagai obyek pembelajaran, melainkan juga sebagai subyek pembelajaran. Dengan melakukan sendiri, peserta didik merasa pembelajarannya lebih bermakna sehingga setelah melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pembelajaran menjadi aktif, kreatif, dan menyenangkan.Indikasi keberhasilan pembelajaran adalah adanya rasa senang bagi peserta didik, sehingga dengan rasa senang itu terbangun rasa percaya diri dan merasa puas dengan hasil yang diperolehnya. Pemberian reward dapat meningkatkan gairah belajar siswa, sebab tidak ada anak yang merasa malas. Implikasi penelitian bahwa dengan pembelajaran kontekstual memiliki dampak yang positif bukan hanya bagi guru, namun juga bagi siswa. Pembelajaran kontekstual perlu mendapat dukungan dari berbagai fihak baik guru, siswa, maupun kepala sekolah, sehingga sarana dan prasarana pembelajaran perlu ditingkatkan agar hasil belajar siswa bisa optimal.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembelajaran Bahasa Arab, Kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2010 07:39
Last Modified: 15 Nov 2010 04:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7384

Actions (login required)

View Item View Item