FAKTOR-FAKTOR STRATEGIK PENCAPAIAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL (SSN) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TAWANGMANGU KARANGANYAR

SURIYANTO , SURIYANTO (2006) FAKTOR-FAKTOR STRATEGIK PENCAPAIAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL (SSN) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TAWANGMANGU KARANGANYAR. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050075.pdf

Download (60kB)
[img] PDF
Q100050075.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang komponen input, proses, output, outcome serta aspek pengembangan dalam rangka pencapaian Sekolah Standar Nasional di SMP Negeri 1 Tawangmangu. Hasil penelitian dari beberapa responden dengan menggunakan teknik cuplikan purposive sampling yaitu Kepala Sekolah, guru, wali murid, komite sekolah dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan pencatatan dokumen. Wawancara, observasi digunakan untuk memperoleh data yang valid dan reliabel sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data pelengkap, kemudian melakukan analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif. Dari penelitian ini (pengumpulan data) yaitu meneliti ceritera yang sistematis, merekap hasil wawancara pada waktu terakhir didapatkan. Langkah selanjutnya peneliti mencoba membuat kesimpulan. Kesimpulan dalam penelitian tentang faktor strategi pencapaian SSN di SMP Negeri 1 Tawangmangu adalah sebagai berikut : (1) Input sekolah di SMP Negeri 1 Tawangmangu dalam menunjang pencapaian SSN sudah cukup baik. Jumlah tenaga kependidikan baik kualitas maupun kuantitas tercukupi. Input siswa terseleksi dengan baik sehingga menghasilkan nilai masuk yang cukup tinggi. Input sarana dan pembiayaan sudah tercukupi karena ditunjang partisipasi masyarakat yang tinggi. (2) Proses sekolah pada SMP Negeri 1 Tawangmangu terlaksana dengan baik, terutama dalam kegiatan belajar mengajar maupun proses pengambilan keputusan yang melibatkan komite sekolah. (3) Output sekolah yang dalam hal ini dapat diketahui dari prestasi akademik baik berupa nilai NEM dan prestasi sekolah dalam perolehan NEM selalu masuk peringkat sepuluh besar dan sering mendapatkan kejuaraan dalam lomba di tingkat kabupaten. (4) Outcome di SMP Negeri 1 Tawangmangu walaupun belum dapat diketahui secara nyata banyaknya siswa yang diterima di sekolah favorit, namun ditinjau dari perolehan NEM tiap tahun diprediksikan bahwa outcome SMP Negeri 1 Tawangmangu baik. (5) Pengembangan yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 1 Tawangmangu sebagai sekolah SSN pada tataran aplikatif adalah : (1) pengembangan profesionalisme guru; (2) manajemen pendidikan yang efektif dan efisien sebagai wujud dari pelaksanaan MBS; (3) buku dan sarana belajar yang memadai dan selalu dalam kondisi siap pakai guna mendukung pelaksanaan inovasi pembelajaran; (4) fisik dan penampilan sekolah yang baik guna mendukung penciptaan komunitas belajar; dan (5) partisipasi aktif masyarakat.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Standar Nasional, Manajemen Strategik, Input, Proses, Output, Outcome
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2010 07:28
Last Modified: 15 Nov 2010 04:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7381

Actions (login required)

View Item View Item