PERANAN DINAS KESEJAHTERAAN RAKYAT PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN KELUARGA BERANCANA DALAM UPAYA PENANGANAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL (Studi di Kecamatan Banjarsari, Surakarta)

Lestari, Nur Tri (2008) PERANAN DINAS KESEJAHTERAAN RAKYAT PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN KELUARGA BERANCANA DALAM UPAYA PENANGANAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL (Studi di Kecamatan Banjarsari, Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A220040015.pdf

Download (50kB)
[img] PDF
A220040015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji peranan Dinas kesejahteraan Rakyat Pemberdayaan Perempuan dalam upaya penanganan pekerja seks komersial yang berada di Kecamatan Banjarsari, Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian etnografi yang bersifat deskriptif. Sumber data diperoleh dari beberapa sumber yaitu informan, tempat dan peristiwa serta mencatat arsip maupun dokumen. Cuplikan yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian mengambil key informan sebagai subyek penelitian, yaitu meliputi Kepala Sub Dinas Pelayanan Rehabilitasi dan Bantuan Sosial, anggota TIM pelaksanan kegiatan razia, dan beberapa pelaku PSK. Selain itu dalam penelitian ini juga menerapkan internal sampling dan snow ball sampling. Teknik pengumpilan data dalam penelitian ini yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi langsung dan mencatat arsip maupun dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini merupakan model analisis interaktif yaitu pengumpulan data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitiannya meliputi tahap pra lapangan, tahap penelitian lapangan, tahap analisis data dan analisis dokumentasi, observasi dan tahap penulisan laporan. Berdasarkan penelitian ini diperoleh bahwa peranan DKRPP dan KB Kota Surakarta dalam upaya penanganan PSK di Kecamatan Bamjarsari dijalankan oleh Sub Dinas Pelayanan Rehabilitasi dan Bantuan Sosial, khususnya Seksi Rehabilitasi dan Bantuan Sosial dengan mengacu pada Peraturan Daerah No 3 Tahun 2006 tentang Penanggulangan Eksploitasi Seksual Komersial. Upaya yang dilakukan antara lain dapat berupa: Usaha preventif, represif dan rehabilitatif, dimana dalam melaksanakan ketiga upaya tersebut DKRPP dan KB dibantu atau bekerjasama dengan instansi pemerintah lain dan lembaga non pemerintah yang berkompeten terhadap masalah PSK. Hambatan yang dihadapi DKRPP dan KB dalam upaya penanganan PSK di Kecamatan Banjarsari antara lain kompleksnya permasalahan, tantangan dari masyarakat baik yang berasal dari masyarakat dilingkungan tempat tinggal PSK, maupun dari germo atau calo serta hambatan yang berasal dari diri para PSK itu sendiri. Sedangkan upaya yang dilakukan DKRPP dan KB dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut antara lain dengan upaya pencegahan, penanggulangan dan upaya perlindungan. Implikasi teoritis penelitian ini adalah adanya kemajuan yang diharapkan terutama dalam hal penegakkan hukum terhadap masalah PSK, serta adanya peningkatan dalam hal penanganan yang dilakukan pemerintah dalam permasalahan mengenai PSK, sedangkan implikasi praktisnya adalah hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai rujukan terhadap upaya penanganan dalam masalah PSK teutama bagi DKRPP dan KB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dinas Kesejahteraan Rakyat Pemberdayaan Perempuan, pekerja seks komersial
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Dec 2008 03:53
Last Modified: 01 Feb 2011 05:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/737

Actions (login required)

View Item View Item