PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP QUALITY OF WORK LIFE PADA KARYAWAN DEALER YAMAHA MULIA PABELAN KARTASURA

SANJAYA, AGUS RINDA (2010) PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP QUALITY OF WORK LIFE PADA KARYAWAN DEALER YAMAHA MULIA PABELAN KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100030260.pdf

Download (92kB)
[img] PDF
B100030260.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh Total Quality Management yang terdiri dari: fokus pada konsumen, perbaikan berkelanjutan, komitmen manajemen, pelatihan, dan pemberdayaan karyawan terhadap Quality of Work Life pada Karyawan Dealer Yamaha Mulia Pabelan Kartasura dan mengetahui diantara komponen Total Quality Management yang paling dominan berpengaruh terhadap Quality of Work Life pada Karyawan Dealer Yamaha Mulia Pabelan Kartasura. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan memperkaya kajian mengenai fenomena Total Quality Management dan diharapkan dapat diigunakan sebagai sumber informasi dan bahan pertimbangan oleh perusahaan dalam meningkatkan Quality of Work Life.Pengujian Hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan Koefisien Determinasi (R2). Populasi yang dipakai pada penelitian ini adalah seluruh karyawan Dealer Yamaha Mulia Pabelan Kartasura, sedangkan sampel penelitian adalah 50 karyawan Dealer Yamaha Mulia Pabelan Kartasura dengan sampling aksidental sebagai teknik pengambilan sampel.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa fokus pada konsumen diperoleh nilai thitung sebesar 2,405 > 2,015 sehingga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas kehidupan kerja karyawan Dealer Yamaha Mulia Pabelan Kartasura. Perbaikan berkelanjutan diperoleh nilai thitung sebesar 0,420 < 2,015 sehingga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas kehidupan kerja karyawan Dealer Yamaha Mulia Pabelan Kartasura. Komitmen manajemen diperoleh nilai thitung sebesar 0,725 < 2,015 sehingga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas kehidupan kerja karyawan Dealer Yamaha Mulia Pabelan Kartasura. Pelatihan diperoleh nilai thitung sebesar 2,111 > 2,015 berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas kehidupan kerja karyawan Dealer Yamaha Mulia Pabelan Kartasura. Pemberdayaan karyawan diperoleh nilai thitung sebesar 2,128 > 2,015 sehingga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas kehidupan kerja karyawan Dealer Yamaha Mulia Pabelan Kartasura. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung 35,986 > 2,45 sehingga fokus pada konsumen, perbaikan berkelannjutan, komitmen manajemen, pelatihan dan pemberdayaan karyawan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kualitas kehidupan kerja karyawan Dealer Yamaha Mulia Pabelan Kartasura. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,804, berarti bahwa fokus pada konsumen, perbaikan berkelannjutan, komitmen manajemen, pelatihan dan pemberdayaan karyawan dapat menjelaskan tentang penyebab naik dan turunnya kualitas kehidupan kerja karyawan Dealer Yamaha Mulia Pabelan Kartasura sebesar 80,4%, sedangkan sisanya sebesar 19,6% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa fokus pada konsumen merupakan variabel yang mempunyai nilai koefisien Beta lebih besar jika dibandingkan dengan variabel lain, yaitu sebesar 0,337. Hal ini menunjukkan bahwa fokus pada konsumen merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kualitas kehidupan kerja karyawan karyawan Dealer Yamaha Mulia Pabelan Kartasura.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: total quality management, quality of work life.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 10 Jun 2010 08:50
Last Modified: 15 Nov 2010 04:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7365

Actions (login required)

View Item View Item