UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS 2 SDN 01 PULOSARI KEBAKKRAMAT KARANGANYAR

Sholihah , Barid (2010) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS 2 SDN 01 PULOSARI KEBAKKRAMAT KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A510070504.PDF

Download (176kB)
[img] PDF
A510070504.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat semangat, keaktifan dan kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan ciri-ciri dan kegunaan benda di SDN 01 Pulosari Kebakkramat Karanganyar. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan semangat, keaktifan, dan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan ciri-ciri dan kegunaan benda melalui metode Make A Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaborasi antara peneliti, guru kelas II sebagai pelaku tindakan kelas, dan Kepala Sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas 2 SDN 01 Pulosari yang berjumlah 19 siswa. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan tes tertulis. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model interaktif dari empat komponen yaitu : pengumpulan data, reduksi data, sajian data (display data), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan semangat, keaktifan, dan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan ciri-ciri dan kegunaan benda melalui metode Make A Match. Hal ini dapat dilihat dari: 1) keaktifan siswa selama pemberian apersepsi meningkat dari 63% menjadi 79%, 2) keaktifan siswa selama kegiatan belajar mengajar meningkat dari 53% menjadi 84%, 3) siswa dapat bekerja sama dengan kelompoknya meningkat dari 33% menjadi 67%, 4) hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari KKM (65) yang ditentukan dari 53% menjadi 84%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode Make A Match dalam pokok bahasan ciri-ciri dan kegunaan benda dapat meningkatkan semangat dan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan kemampuan kognitif siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan semangat, keaktifan, dan kemampuan kognitif siswa, pembelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2010 08:38
Last Modified: 08 Jun 2012 10:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7364

Actions (login required)

View Item View Item