UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN MENGOPTIMALKAN LEMBAR KERJA SISWA SEBAGAI SUMBER BELAJAR KELAS XI DI SMA N I KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010

SARASWATI , SISKA (2010) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN MENGOPTIMALKAN LEMBAR KERJA SISWA SEBAGAI SUMBER BELAJAR KELAS XI DI SMA N I KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210060189.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
A210060189.pdf

Download (392kB)

Abstract

UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN MENGOPTIMALKAN LEMBAR KERJA SISWA SEBAGAI SUMBER BELAJAR KELAS XI DI SMA N I KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010 Siska Saraswati, A210060189, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran ekonomi dengan mengoptimalkan lembar kerja siswa (LKS) sebagai sumber belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura angkatan 2009/2010 yang berjumlah 180 siswa. Sampel diambil 45 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear sederhana dan uji keberartian koefisien regresi linier sederhan (uji t). Kesimpulan penelitian ini adalah ”Ada peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran ekonomi dengan mengoptimalkan lembar kerja siswa sebagai sumber belajar kelas XI di SMAN 1 Kartasura”. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan sebagai berikut: Y=12,584+ 0,569X dan hasil uji keberartian koefisien arah regresi (uji t) diketahui bahwa H0 ditolak, karena thitung > ttabel, yaitu 4,939 > 2,017 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dari hasil analisis diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,362, yang berarti bahwa pengoptimalan Lembar Kerja Siswa dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi sebesar 36,2%, sedangkan 63,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengoptimalan Lembar Kerja Siswa dan Keaktifan Belajar Siswa.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 09 Jun 2010 08:33
Last Modified: 15 Nov 2010 04:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7349

Actions (login required)

View Item View Item