PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI BELAJAR GROUP RESUME DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

MUJAYANTI , NITA (2010) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI BELAJAR GROUP RESUME DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210060183.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
A210060183.pdf

Download (616kB)

Abstract

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI BELAJAR GROUP RESUME DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Nita Mujayanti, A210060183, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang strategi belajar group resume terhadap hasil belajar ekonomi. 2) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi. 3) Untuk mengetahui pengaruh strategi belajar group resume dan minat siswa terhadap hasil belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 110 siswa. Sampel diambil sebanyak 52 siswa dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang strategi belajar Group Resume berpengaruh tarhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,306 > 2,010 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,025. 2) Ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,623 > 2,010 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh persepsi siswa tentang strategi belajar group resume dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 14,911 > 3,187 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Persamaan regresi: Y= 59,201 + 0,273X1 + 0,313X2. Variabel persepsi siswa tentang strategi belajar group resume memberikan sumbangan relatif sebesar 22,6% dan sumbangan efektif 8,5%. Variabel minat belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 77,4% dan sumbangan efektif 29,3%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel minat belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap hasil belajar ekonomi dibandingkan variabel persepsi siswa tentang strategi belajar group resume.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: persepsi siswa tentang strategi belajar group resume, minat belajar dan hasil belajar ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 09 Jun 2010 08:28
Last Modified: 15 Nov 2010 04:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7348

Actions (login required)

View Item View Item