PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PEDAN TAHUN AJARAN 2009/ 2010

ANAWATI , ANAWATI (2010) PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PEDAN TAHUN AJARAN 2009/ 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210060098.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
A210060098.pdf

Download (490kB)

Abstract

PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PEDAN TAHUN AJARAN 2009/ 2010 Anawati, A210060098, Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Pedan. 2) Untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Pedan. 3) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Pedan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Negeri 1 Pedan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri I Pedan Tahun pelajaran 2009/2010 berjumlah 80 siswa. Sampel diambil sebanyak 65 orang siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Pedan. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,156 > 1,999 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Pedan. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,463 > 1,999 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh kreativitas dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Pedan. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 29,296 > 3,145 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kreativitas belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 38,8% dan sumbangan efektif 18,9%. Variabel disiplin belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 61,2% dan sumbangan efektif 29,7%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel disiplin belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar akuntansi dibandingkan variabel kreativitas belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kreativitas belajar, disiplin belajar dan prestasi belajar akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 09 Jun 2010 07:59
Last Modified: 15 Nov 2010 04:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7342

Actions (login required)

View Item View Item