KONTRIBUSI BEBERAPA FAKTOR KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SDN JOBOKUTO KECAMATAN JEPARA

SUMIYATI , SUMIYATI (2007) KONTRIBUSI BEBERAPA FAKTOR KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SDN JOBOKUTO KECAMATAN JEPARA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050055.pdf

Download (126kB)
[img] PDF
Q100050055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi faktor kepemimpinan yang meliputi kompetensi profesional, kompetensi pribadi, dan kompetensi sosial kepala sekolah dasar negeri terhadap kinerja guru di kecamatan Jepara; dan mengetahui faktor kepemimpinan yang paling dominan terhadap peningkatan kinerja guru di kecamatan Jepara. Obyek penelitian ini adalah guru SDN di Jobokuto Kecamatan Jepara, metode pengumpulan data dengan angket. Angket diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil Regresi. Kontribusi Kompetensi profesional (X1); Kompetensi pribadi (X2); dan Kompetensi sosial (X3) Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri di Jobokuta Kecamatan Jepara secara parsial maupun bersama-sama mempunyai kontribusi positif terhadap kinerja guru. Uji keberartian kontribusi antara Kompetensi profesional (X1); Kompetensi pribadi (X2); dan Kompetensi sosial (X3) Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri di Jobokuta Kecamatan Jepara, secara bersama-sama adalah signifikan, karena Fhitung lebih besar dari Ftabel (71,374>2,53), hal ini diperkuat dengan sig. value 0,000 < 0,05. Hasil uji t,Bahwa variabel Kompetensi profesional (X1) diperoleh thitung sebesar 14,311 dan ttabel 2,01, maka thitung >ttabel sehingga H0 ditolak, berarti ada kontribusi yang signifikan antara variabel Kompetensi profesional (X1) terhadap kinerja guru, hal ini diperkuat dengan nilai sig 0,000< 0,05; Bahwa variabel Kompetensi pribadi (X2) diperoleh thitung sebesar -0,170 dan ttabel 2,01, maka thitung < ttabel sehingga H0 diterima, berarti tidak terdapat kontribusi yang signifikan variabel Kompetensi pribadi (X2) terhadap kinerja guru, hal ini diperkuat dengan nilai sig 0,866 > 0,05; Bahwa variabel Kompetensi sosial (X3) diperoleh thitung sebesar -1,087 dan ttabel 2,01, maka thitung < ttabel sehingga H0 diterima, berarti kontribusi variabel Kompetensi sosial (X3) terhadap kinerja guru tidak signifikan atau berarti, hal ini diperkuat dengan nilai sig 0,284 > 0,05. Variabel Kinerja Guru di SD Negeri di Jobokuta Kecamatan Jepara mempunyai hubungan yang kuat dengan variabel Kompetensi profesional (X1); Kompetensi pribadi (X2); dan Kompetensi sosial (X3), dengan kata lain bahwa Kinerja Guru di SD Negeri di Jobokuta Kecamatan Jepara dijelaskan oleh variabel Kompetensi profesional (X1); Kompetensi pribadi (X2); dan Kompetensi sosial (X3) sebesar 84,3 %, sedangkan sisanya 15,7% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Kompetensi, Profesionalisme, Pribadi, Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2010 02:33
Last Modified: 15 Nov 2010 04:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7335

Actions (login required)

View Item View Item