PENGARUH MOTIVASI DAN KEMAMPUAN EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI JURUSAN IPS SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010

Bandiyah, Sri (2010) PENGARUH MOTIVASI DAN KEMAMPUAN EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI JURUSAN IPS SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050155.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img]
Preview
PDF
A210050155.pdf

Download (47kB)

Abstract

PENGARUH MOTIVASI DAN KEMAMPUAN EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI JURUSAN IPS SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009 / 2010 Sri Bandiyah. A 210 050 155. Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kemampuan ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi. (3)Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan kemampuan ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan mengambil populasi seluruh siswa/siswi kelas XI jurusan IPS SMA N 2 Sukoharjo sebanyak 122 siswa, dan diambil sampel sebanyak 80 siswa dengan teknik proporsional random sampling dengan cara undian. Pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi dan angket. Sebelum digunakan dalam penelitian, angket diuji cobakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas dan reliabilitas, kemudian dilakukan uji prasyarat analisis untuk mengetahui heteroskedastisitas dan normalitas. Baru dilakukan pengujian hipotesis dengan teknik analisis regresi ganda dengan uji t, uji f, dan R . Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persamaan regresi linear berganda sebagai berikut : Y= 4,316 + 0,077.X1 + 0,065.X2. Berdasar hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, 1) motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasar hasil perhitungan thitung untuk variabel moyivasi belajar sebesar 7,762. sehingga thitung > ttabel atau 7,762>2,000 ( ). 2) Kemampuan ekonomi orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasar hasil perhitungan, t untuk variabel kemampuan ekonomi orang tua sebesar 5,614. sehingga thitung > ttabel atau 5,614>2,000 ( ). 3) Motivasi belajar dan kemampuan ekonomi orang tua bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasar perhitungan Fhitung > Ftabel atau 75,378>3,150 ( ). Hasil perhitungan untuk nilai R sebesar 0,662. berarti, 66,2% prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh variabel motivasi belajar dan kemampuan ekonomi orang tua. Sisanya 33,8% prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh factor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Motivasi Belajar, Kemampuan Ekonomi Orang tua, Prestasi Belajar akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2010 08:46
Last Modified: 18 Nov 2019 04:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7328

Actions (login required)

View Item View Item