PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH II PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

LESTARI, PUJI (2010) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH II PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050149.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img]
Preview
PDF
A210050149.pdf

Download (63kB)

Abstract

PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH II PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI Puji Lestari. A 210 050 149, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Menengah II pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan mengambil sampel pada mahasiswa PA FKIP UMS tahun angkatan 2007. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PA FKIP UMS yang mengambil mata kuliah AKM II berjumlah sebanyak 121 mahasiswa, sampel diambil sebanyak 90 mahasiswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data kemandirian belajar diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar AKM II menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji R2, uji t. Hasil analisis memperoleh persamaan garis regresi: Y = 0,983 + 0,063.X. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar AKM II dipengaruhi oleh kemandirian belajar mahasiswa. Kesimpulan yang diambil adalah: kemandirian belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar AKM II pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi FKIP UMS tahun angkatan 2007. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung > ttabel, yaitu 9,883 > 2,000 pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar AKM II yaitu sebesar 52,6%, sedangkan 47,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kemandirian belajar, prestasi belajar AKM II
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2010 08:40
Last Modified: 15 Nov 2010 04:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7327

Actions (login required)

View Item View Item