PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIVAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

PUTRA , SOVIA ANDREAS KUSUMA (2010) PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIVAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050139.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
A210050139.pdf

Download (750kB)

Abstract

PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIVAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Sovia Andreas Kusuma Putra, A.210 050 139. Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. 2. Untuk mengetahui pengaruh antara aktivitas belajar terhadap prestasi belajar dan 3. Untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Magetan Tahun Pelajaran 2009/2010. Jumlah Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Magetan sebanyak 143 peserta didik, sampel yang diambil sebanyak 100 peserta didik dan sampling yang digunakan adalah Proportionate Insidental Non Random Sampling. Data yang diperoleh melalui angket dan dokumentasi, kemudian dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas selanjutnya dilakukan uji normalitas dan uji linieritas. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t. Hasil analisis diperoleh persamaan regresi : Y = 46,769 + 0,401X1 + 0,275X2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik dipengaruhi oleh motivasi belajar dan aktivitas belajar. Uji F diperoleh Fhitung > Ftabel atau 137,168 > 3,09 dengan taraf signifikansi 5% berarti antara motivasi belajar dan aktivitas belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Uji t untuk variabel motivasi belajar diperoleh thitung > ttabel atau 8,172 > 1,98 dengan taraf signifikansi 5% dan variabel aktivitas belajar diperoleh thitung > ttabel atau 4,872 > 1,98 dengan taraf signifikansi 5%. Kedua variabel tersebut secara signifikansi mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Magetan. Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,739 ini menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar dan aktivitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 73,9%. Sedangkan sisanya sebesar 26,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 0,43% dan variabel aktivitas belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 0,31%. Secara keseluruhan variabel motivasi belajar dan aktivitas belajar memberikan sumbangan sebesar 73,9% terhadap prestasi belajar. Selanjutnya di antara kedua variabel tersebut dapat diketahui bahwa variabel motivasi belajar memberikan sumbangan terbesar terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar (43%). Jadi dapat dinyatakan bahwa motivasi belajar merupakan faktor dominan yang berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : motivasi belajar, aktivitas belajar, dan prestasi belajar peserta didik.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2010 08:16
Last Modified: 15 Nov 2010 04:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7323

Actions (login required)

View Item View Item