GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI I KARTASURA

EFENDI , MUHAMAD RIZKON (2010) GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI I KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050105.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img]
Preview
PDF
A210050105.pdf

Download (71kB)

Abstract

GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 1 KARTASURA Muhamad Rizkon Efendi. A 210 050 105, Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perbedaan profesionalisme guru ditinjau dari gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah; 2) besar pengaruh gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan explanatory research atau penelitian penjelasan. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMA Negeri 1 Kartasura yang berjumlah sebanyak 76 orang, seluruh populasi diambil sehingga disebut penelitian populasi. Data gaya kepemimpinan dan profesionalisme guru diperoleh melalui angket yang telah diujicobakan dan diuji validitas serta uji reliabilitas, Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis varians (anava) satu jalur dan analisis regresi linier sederhana, uji t, uji R2, dan perhitungan sumbangan relatif serta sumbangan efektif. Hasil analisis regresi sederhana memperoleh persamaan garis regresi Y = 20,590 + 0,331.X. Persamaan menunjukkan bahwa profesionalisme guru dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat diambil kesimpulan: 1) Terdapat perbedaan profesionalisme guru ditinjau dari gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah di SMA Negeri 1 Kartasura. Hasil uji hipotesis dengan anava satu jalur diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (21,404 > 2,76) diterima pada taraf signifikansi 5%. Gaya kepemimpinan kepala sekolah yang mengedepankan pendelegasian wewenang akan menghasilkan profesionalisme guru yang lebih tinggi daripada gaya kepemimpinan lainnya; 2) Besar pengaruh gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Kartasura adalah sebesar 53,1%, sedangkan 46,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya pengalaman kerja, pengetahuan, tingkat pendidikan, motivasi kerja, dan lain-lain. Terbukti dari hasil uji hipotesis kedua analisis regresi sederhana yang memperoleh nilai koefisien determinasi (R2) memperoleh nilai R2 sebesar = 0,531.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: profesionalisme guru, gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2010 03:53
Last Modified: 15 Nov 2010 05:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7319

Actions (login required)

View Item View Item