PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PERHATIAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 PURWODADI TAHUN AJARAN 2009/2010

NUR YANTI , NUR YANTI (2010) PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PERHATIAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 PURWODADI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img]
Preview
PDF
A210050030.pdf

Download (61kB)

Abstract

PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PERHATIAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 PURWODADI TAHUN AJARAN 2009/2010 Nur yanti. A 210 050 030, Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; 2) pengaruh perhatian siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; 3) pengaruh kemampuan pemecahan masalah dan perhatian siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan mengambil lokasi di SMP Negeri 7 Purwodari. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di yang berjumlah sebanyak 160 siswa, sampel diambil sebanyak 40 siswa. Sampel diambil dengan teknik proposional random sampling. Data kemampuan pemecahan masalah dan perhatian siswa diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar ekonomi menggunakan teknik dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan perhitungan sumbangan relatif serta sumbangan efektif. Hasil analisis memperoleh persamaan garis regresi Y = 0,484 + 0,736.X1 + 0,750.X¬2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh kemampuan pemecahan masalah dan perhatian siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Kemampuan pemecahan masalah berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung sebesar 4,485 > ttabel (2,021) pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi kemampuan pemecahan masalah terhadap prestasi belajar ekonomi adalah sebesar 38,7%.; 2) Perhatian siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung sebesar 3,540 > ttabel (2,021) pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi perhatian siswa terhadap prestasi belajar ekonomi adalah sebesar 28,7%; 3) Kemampuan pemecahan masalah dan perhatian siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Purwodadi tahun pelajaran 2009/2010. Hasil uji F yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 38,203 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,15 pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,674 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kemampuan pemecahan masalah dan perhatian siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa adalah sebesar 67,4%, sedangkan 32,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya sarana dan prasarana belajar, kualitas pembelajaran, lingkungan belajar, dan sebagainya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, perhatian siswa, prestasi belajar ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 07 Jun 2010 09:31
Last Modified: 15 Nov 2010 05:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7313

Actions (login required)

View Item View Item