PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGALAMAN MENGAJAR DAN KETERSEDIAAN MEDIA TERHADAP KEMAMPUAN GURU MENGGUNAKAN MEDIA PENGAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI SE-KECAMATAN SIDOHARJO KABUPATEN WONOGIRI

S U G I, S U G I (2006) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGALAMAN MENGAJAR DAN KETERSEDIAAN MEDIA TERHADAP KEMAMPUAN GURU MENGGUNAKAN MEDIA PENGAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI SE-KECAMATAN SIDOHARJO KABUPATEN WONOGIRI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050011.pdf

Download (98kB)
[img] PDF
Q100050011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan secara bersama-sama tingkat pendidikan guru, pengalaman mengajar guru, dan ketersediaan media pengajaran terhadap kemampuan menggunakan media pengajaran oleh guru pengajar IPS di Kelas III (tiga) di Sekolah Dasar Negeri se- Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri. Populasi penelitian adalah guru kelas III Sekolah Dasar Negeri Se- Kecamatan Sidoharjo diantaranya Dabin I, Dabin II, dabin III yang menggunakan media pengajar IPS. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan test, angket digunakan untuk mengumpulkan data tingkat pendidikan, pengalaman belajarm dan ketersediaan media pengajaran. Untuk mengumpulkan data kemampuan guru menggunakan metode test. Hasil penelitian menunjukkan tiga variabel independen yaitu tingkat pendidikan guru, pengalaman mengajar guru, dan ketersediaan media pengajaran, berpengaruh terhadap kemampuan menggunakan media pengajaran oleh guru pengajar IPS di Kelas III (tiga) di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri masing-masing diperoleh thitung sebesar 2,099; 2,436 dan 2,154 lebih besar dari ttabel 2,042 pada taraf signifikan 5%. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan guru, pengalaman mengajar guru, dan ketersediaan media pengajaran terhadap kemampuan menggunakan media pengajaran oleh guru pengajar IPS di Kelas III (tiga) di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri secara bersama-sama, dengan nilai Fhitung sebesar 11,207 lebih besar batas kritisnya (2,92) pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan temuan tersebut disarankan pertama, tingkat pendidikan perlu dijadikan acuan kebijakan bagi para pengelola pendidikan dasar dan kepala sekolah dasar, terutama dalam penerimaan guru baru dan pemberian tugas guru untuk mengajar bidang studi IPS. Hal ini perlu diperhatikan karena kegiatan proses belajar-mengajar akan dapat berjalan lancar apabila para guru mempunyai kemampuan yang memadai. Kedua, disarankan kepada jajaran Dinas Pendidikan Nasional melalui Dinas Pendidikan dan Propinsi Jawa Tengah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri dan Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Sidoharjo dan khususnya kepada pihak kepala Sekolah Dasar Negeri se- Kecamatan Sidoharjo untuk dapat memberikan perhatian dan dukungan dana dari pemerintah dalam usaha peningkatan sarana dan prasarana belajar-mengajar di sekolah. Ketiga, disarankan kepada para guru Sekolah Dasar Negeri se- Kecamatan Sidoharjo khususnya dan para guru Sekolah Dasar Negeri se- Kabupaten Wonogiri pada umumnya untuk terus menerus meningkatkan kemampuan dalam penggunaan media pengajaran IPS, yaitu guru diharapkan untuk mengetahui dan memahami jenis-jenis media pengajaran IPS dan menggunakan media-media pengajaran tersebut sesuai dengan fungsinya agar tujuan belajar dapat tercapai sebagaimana yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pengalaman Mengajar,Ketersediaan Media, Kemampuan Guru Menggunakan Media Pengajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2010 05:22
Last Modified: 15 Nov 2010 05:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7297

Actions (login required)

View Item View Item